Ikan Telur dengan Sejuta Nutrisi Ketika di Masak

Ikan Telur dengan Sejuta Nutrisi Ketika di Masak

Ikan Telur dengan Sejuta Nutrisi Ketika di Masak – Telur ikan menjadi makanan yang digemari selain ikan itu sendiri. Telur ikan tersedia dalam berbagai spaceman slot ukuran, bentuk, dan warna, dan dapat berasal dari semua jenis ikan yang berbeda, terutama beluga, jenis sturgeon lainnya, salmon, dan ikan mas. Semua telur ikan sangat bergizi. Telur ikan memiliki manfaat yang sama dengan suplemen minyak ikan, yakni komponen tinggi lemak omega-3 anti-inflamasi. Telur ikan juga merupakan salah satu dari sedikit sumber vitamin D yang larut dalam lemak yang bekerja sama dengan lemak omega-3. Vitamin membantu lemak sehat diserap dan digunakan oleh tubuh.  Ada banyak masakan khas nusantara yang berbahan dasar ikan. Tapi sayangnya ikan lebih populer untuk dikonsumsi dagingnya. Padahal, ada beberapa jenis ikan yang telurnya pun dijual terpisah dan dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat.

Vitamin B12 adalah nutrisi lain yang ada dalam telur ikan untuk kesehatan mental dan fungsi otak dan membantu memetabolisme makanan untuk energi. Selenium, magnesium, zat besi, dan beberapa kalsium menambah jajaran nutrisi yang sudah ada dalam telur ikan. Telur ikan rasanya agak amis dan sedikit asin, tapi sebenarnya, kata-kata yang paling tepat menggambarkan rasanya adalah “rasanya seperti air laut.“ Namun memasak telur ikan dengan bumbu yang tempat, terutama bumbu Indonesia yang kaya akan rempah akan menambah rasa gurih yang unik dan lezat.

Telur Ikan Tuna

Telur ikan tuna membentuk gumpalan yang cukup besar. Salah satu olahan telur ikan tuna yang terkenal, yaitu keluaran macau ikan telur bumbu woku khas Manado. Selain itu, telur ikan tuna juga bisa diolah dengan cara digoreng. Anda juga bisa berkreasi dengan memasaknya dengan bumbu merah atau saus tiram.

Telur Ikan Mas

Telur ikan mas juga membentuk gumpalan yang cukup lebar. Seperti telur ikan belanak, telur ikan mas cocok untuk dipepes. Selain itu, telur ikan mas juga bisa ditumis dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, serta garam.

Telur Ikan Gabus

Berbeda dengan ikan kakap atau patin yang memiliki gumpalan telur cukup besar, telur ikan gabus memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada biji kacang merah. Di Banjarmasin, terdapat juga hidangan yang menggunakan telur ikan gabus. Hidangan tersebut bernama intalu iwak haruan Banjar. Kata ‘haruan’ sendiri merupakan sebutan lain pada ikan gabus. Hidangan khas Banjar ini biasanya juga dipadukan dengan jeroan ikan lainnya.

Telur Ikan Belanak

Telur ikan belanak berbentuk gumpalan padat seukuran jari telunjuk. Menu Nusantara yang biasa dibuat menggunakan telur ini ialah pepes telur ikan belanak. Racikan bumbu dan rempah pepes yang beragam mampu menghilangkan amis telur ikan. Selain pepes, telur ikan belanak juga dapat ditumis.

Telur Ikan Kakap

Telur ikan kakap membentuk gumpalan yang ukurannya lumayan besar. Gumpalan tersebut berwarna kuning kecokelatan. Sementara itu, ukuran tiap telurnya sangatlah kecil. Jika Anda pernah melihat telur semut, sebesar itulah telur ikan kaka

Telur ikan Manyung

Ikan manyung merupakan ikan air laut yang biasanya diasinkan. Telur ikan ini merupakan salah satu telur ikan yang dapat dimakan. Ukuran telur ikan ini terbilang unik. Dibandingkan telur ikan pada umumnya, ukuran tiap telur ikan ini jauh lebih besar. Kira-kira sebesar awetan telur ikan salmon yang biasa kita sebut caviar atau tobiko pada topping sushi. Telur ikan manyung dapat diolah dengan cara dipepes atau dibuat botok pepesan khas Jawa Tengah.

Telur ikan Biawan

Ikan biawan adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini dapat diolah menjadi macam-macam masakan. Telur ikan biawan berbentuk gumpalan yang ukurannya kecil. Kira-kira ukurannya seperti satu ruas jari. Di Kalimantan Barat, terdapat makanan khas yang terbuat dari telur ikan biawan, yaitu sambal goreng telur ikan. Bukan telur ikan segar yang digunakan, melainkan telur ikan yang sudah diasinkan.

Telur Ikan Sembilang

Nama ikan ini mungkin terdengar asing. Namun, ikan ini sering diolah mulai jadi gulai, pepes, hingga botok. Telur ikan sembilang membentuk gumpalan dengan butiran tiap telur cukup besar dan berwarna bening kekuningan/jingga.