Mengenali sifat & keunggulan lele Surya Kencana Farm

Surya Kencana Farm melakukan budidaya lele jenis sangkuriang termasuk jenis ikan Omnivora, seperti halnya sifat biologi lele dumbo terdahulu. Di Alam maupun lingkungan budidaya, lele sangkuriang dapat memanfaatkan plankton, cacing, insekta, udang udang kecil, dan mollusca sebagai makanannya. Keunggulan dari lele sangkuriang ini diantaranya dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas telur yang tinggi dan dapat hidup pada kondisi awal yang marjinal dan efisiensi pada pakan yang tinggi.

Bentuk tubuh Ikan Lele sangkuriang mempunyai bentuk tubuh memanjang, berkulit licin dan berlendir dan tidak bersisik. Bentuk kepala menggepeng (depress), dengan mulut yang relatif besar, mempunyai empat pasang sungut. Lele Sangkuriang memiliki tiga sirip tunggal yakni sirip punggung, sirip ekor, dan sirip dubur. Sementara itu sirip yang berpasangan ada dua yakni sirip dada dan sirip perut. Pada sirip dada (Pinnae thoracalis) dijumpai sepasang patil dan duri keras yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri dan kadang kadang dapat dipakai untuk berjalan di permukaan tanah atau pematang. Pada bagian atas ruangan rongga insang terdapat alat pernapasan tambahan ( Organ arborescent), bentuknya seperti batang pohon yang penuh dengan kapiler kapiler darah.

Lele sangkuriang dapat hidup dilingkungan yang kualitas airnya sangat jelek. Kualitas air yang baik untuk pertumbuhan yaitu kandungan O2 6ppm, CO2 kurang dari 12 ppm, suhu 24-26 derajat celcius, pH 6-7, NH3 kurang dari 1 ppm dan daya tembus matahari ke dalam air maksimal 30cm (Lukito,2002).

Ikan Lele dikenal aktif pada malam hari (nokturnal), pada siang hari ikan lele lebih senang atau suka berdiam didalam lubang atau tempat yang tenang dan aliran air tidak terlalu deras. Ikan lele mempunyai kebiasaan mengaduk aduk lumpur dasar untuk mencari binatang binatang kecil (bentos) yang terletak didasar perairan

Ikan Lele sangkuriang adalah variates yang unggul , Para peternak saat ini banyak yang berpindah ke jenis sangkuriang karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan lele dumbo.

5 keunggulan Lele Surya Kencana Farm

1. Masa Panen Lele Lebih Cepat
Ditingkat pembenihan maupun ditingkat pembesaran masa panen lele sangkuriang sangat baik, terbukti lebih cepat dibandingkan lele dumbo.

  • Tingkat Pembenihan : Pertumbuhan Lele Sangkuriang dari ukuran 2 – 3 cm untuk mencapai ukuran 5 – 6 cm hanya membutuhkan waktu 20 – 25 hari, sedangkan lele dumbo membutuhkan waktu 30 – 40 hari.
  • Tingkat pembesaran : Dari benih lele ukuran 5 – 6 cm, untuk mencapai lele konsumsi siap panen lele sangkuriang hanya membutuhkan waktu 50 – 60 hari dengan asumsi suhu udara rata rata 25 – 38 derajat celcius. Masa panen lele sangkuriang akan lebih cepat lagi dibesarkan di daerah yang memiliki suhu yang tinggi, misal disuatu daerah yang suhunya 35 – 38 derajat celcius hanya memerlukan waktu 45 hari saja. Sementara lele dumbo memerlukan waktu sekitar 3 – 4 bulan.

2. Kemampuan bertelur dan daya tetas telur lebih tinggi
Angka Produksi Lele Sangkuriang lebih tinggi dibanding lele dumbo ini dibuktikan dengan kemampuan bertelur dan daya tetasnya

  • Kemampuan bertelur Induk lele Sangkuriang dua kali lipatnya dibandingkan dengan lele dumbo. Satu ekor indukan lele sangkuriang dalam sekali bertelur biasanya menghasilkan 40.000 – 60.000 butir, sedangkan lele dumbo hanya menghasilkan 20.000 – 30.000 butir.
  • Untuk daya tetasnya lele sangkuriang jauh lebih tinggi yaitu sekitar 90% sedangkan lele dumbo hanya 80%

3. Daya tahan terhadap penyakit lebih bagus
Lendir di kulit lele adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh, dn semua jenis lele memilikinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar ( BBPBAT) Sukabumi, jenis bakteri yang sering menyerang ikan air tawar jarang ditemukan di kolam atau wadah budidaya lele sangkuriang terutama Trichoda sp dan Ichthiophthirius sp, walaupun daya tahannya lebih bagus, tapi kita harus memberikan pencegahan terhadap penyakit penyakit lele. Penyakit penyakit lele dapat disiasati dengan ramuan alami (herbal/jamu)yang akan membuat ikan lele sangkuriang ini daya tahannya menjadi lebih kuat lagi.
4. Produktivitas lebih tinggi
Untuk membesarkan benih lele dumbo sebanyak 1000 ekor dengan pemberian pakan sebanyak 1 Kwintal hanya menghasilkan lele konsumsi sebanyak 70 – 80 Kg, Sedangkan untuk lele sangkuriang dengan jumlah benih dan pakan yang sama dapat menghasilkan 1 – 1.4 Kwintal. Data berdasarkan pengalaman di lapangan

5. Teknik pemeliharaan lebih mudah
Lele Sangkuriang dapat dibudidayakan di lahan yang sempit, untuk membesarkan benih sebanyak 1000 ekor hanya diperlukan lahan 5 x 2 meter saja. Kolam terpal adalah salah satu pilihan budidaya lele agar menghemat biaya. Ini menunjukkan teknik pembudidayaan ikan lele sangkuriang relatif lebih mudah dibandingkan dengan lele dumbo biasa, apalagi dibandingkan dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya.

Klik disini untuk informasi pemesanan

Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.