Analisa Usaha Budidaya Ikan Lele Sangkuriang 2021

Surya Kencana Farm – Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini suryakencanafarm.com akan membahas mengenai Analisa Usaha Budidaya Ikan Lele Sangkuriang 2021, semoga artikel ini membantu anda untuk menambah wawasan tentang budidaya ikan lele.

Lele Sangkuriang

Kebutuhan ikan lele ukuran konsumsi semakin hari, semakin meningkat, baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, untuk berbagai acara pesta, maupun untuk memenuhi kebutuhan rumah makan dan restoran.

Kebutuhan yang besar ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat bagus untuk dibangun bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha.

Cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan sekaligus dapat meraup untung yang lumayan besar adalah dengan mengembangkan budidaya ikan lele sangkuriang.

Kenapa harus lele sangkuriang?

Lele sangkuriang dipilih karena memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis lainnya. Apa itu?

Selain karena alasan memiliki produktivitas yang lebih tinggi, lele jenis ini juga dapat dibudidayakan dalam jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih singkat, dengan budidaya ikan lele dumbo biasa.

Yang tak kalah menariknya adalah rasa lele sangkuriang pun lebih lezat dan gurih dibandingkan dengan lele biasa sehingga banyak disukai oleh orang-orang.

Tantangan dan Hambatan

Sebenarnya, salah satu tantangan terberat dalam budidaya ikan lele sangkuriang adalah proses pembudidayaannya itu sendiri. Akan sangat dibutuhkan ilmu dan praktek yang cukup agar handal dalam pembudidayaannya.

Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara membudidayakan ikan lele jenis ini. Akan lebih baik, jika mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh beberapa peternak lele sangkuriang, terutama di daerah Bogor, Sukabumi, dan kota-kota lainnya.

Kunci Sukses Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Salah satu kunci sukses di bidang usaha ini adalah sukses dalam budidayanya terlebih dahulu. Jika Anda termasuk pemula dalam bidang budidaya ikan lele sangkuriang, maka sangat disarankan untuk mengikuti pelatihannya terlebih dahulu.

Kunci sukses lainnya dalam usaha ini adalah segi pemasaran. Sebenarnya, pemasaran untuk lele sangkuriang tidaklah sulit, apalagi pasar lele di Indonesia masih terbuka lebar.

Peternak lele berpengalaman tidak pernah kesulitan dalam memasarkan lele. Hal ini disebabkan karena permintaan masyarakat atas ikan lele memang terbilang sangatlah tinggi.

Lele memang memiliki kelebihan yang sulit untuk ditandingi oleh ikan jenis lainnya, yaitu gurih, murah, dan tersedia setiap saat.

Meskipun memang, belum ada data yang tepat, namun diduga permintaan lele di Indonesia di atas produksi totalnya.

Meskipun tergolong mudah dalam segi pemasaran, tetapi bagi pemula mungkin akan mengalami kesulitan untuk memasarkannya. Padahal, bisa jadi pasar lele tidak jauh-jauh dari tempat budidaya ikan lele sangkuriang.

 

Berikut ini beberapa tempat yang sangat membutuhkan pasokan lele secara rutin:

Warung Makan

Warung makan, terutama warung pecel lele, adalah salah satu target pemasaran yang paling utama. Rata-rata satu warung pecel lele membutuhkan antara 1-5 kg lele setiap harinya.

Apabila dalam satu wilayah terdapat warung pecel lele berjumlah 100 warung, maka diasumsikan dibutuhkan sekitar 100 hingga 500 kg lele sangkuriang setiap harinya, atau 3 ribu hingga 15 ribu kg lele per bulannya.

Dengan perkiraan setiap wilayah / daerah belum tentu memiliki peternak lele, maka kesempatan untuk mendapatkan pasar yang besar masih sangatlah tinggi.

 

Restoran

Restoran dan rumah makan besar juga banyak yang menyajikan masakan berbahan baku lele, yang mungkin dahulu tidak ditemukan disana. Salah satu bisnis waralaba restoran berbahan baku lele yang telah sukses adalah Pecel Lele Lela.

Setiap restoran Pecel Lele Lela sangat membutuhkan pasokan lele dalam jumlah yang cukup besar. Ini salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan bagi Anda untuk menjalin kerjasama.

Ikan lele memang sudah naik pamor dalam 10 tahun terakhir ini, dan sudah mulai dianggap sederajat dengan ikan air tawar yang lebih dahulu populer, seperti nila, gurame, ikan mas, dan lain sebagainya.

 

Rumah Tangga

Rumah tangga juga merupakan salah satu target pasar yang cukup besar meskipun tidak rutin. Konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara maju.

Namun, seiring dengan meningkatnya kesejahteraan, konsumsi ikan akan terus mengalami peningkatan. Tentunya, lele akan mendapat pasar tersendiri karena keunggulannya.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui  tentang budidaya ikan lele lebih jauh lagi?
klik disini untuk informasi lebih lanjut

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.