Klasifikasi dan Apa Saja Manfaat Dari Ikan Lele

Surya Kencana Farm – Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini suryakencanafarm.com akan membahas mengenai Klasifikasi dan Apa Saja Manfaat Dari Ikan Lele.

Ikan Lele

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal jenis ikan lele. Hal ini dikarenakan  lele sering dijadikan sebagai lauk untuk arti makanan dan sangat mudah didapatkan karena biasanya dijual di pasar-pasar. Ikan lele ini merupakan jenis ikan yang hidup di perairan umum dan memiliki niali ekonomis cukup bagus.

Ikan lele pada dasarnya bersifat nocturnal yaitu aktif mencari makan di saat malam hari. Selain itu ikan lele ini juga mempunyai kelebihan diantaranya mengalami pertumbuhan yang cepat, mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap  lingkungan, dan kandungan gizi serta rasa yang enak.

Ikan Lele

Ikan lele pada dasarnya memiliki bagian organ insang tambahan yang bisa digunakan oleh ikan ini untuk mengambil  oksigen  pernapasannya  dari  udara  di  luar  air.  Oleh sebab itu, ikan  lele bisa tahan  hidup  di  perairan  yang  airnya  mengandung  sedikit oksigen.

Sebagai informasi tambahan bahwa ikan  lele  ini juga ternyata bisa bertahan terhadap pencemaran bahan-bahan organik. Sehingga jenis ikan lele ini bisa tahan hidup di comberan yang kotor airnya.

Klasifikasi Ikan Lele

Adapun klasifikasi ilmiah dari lele ini antara lain sebagai berikut;

KingdomAnimalia
Sub KingdomMetazoa
FilumChordata
Sub FilumVertebrata
KelasPisces
Sub KelasTeleostei
OrdoOstariophysi
Sub OrdoSiluroidea
FamiliClariidae
GenusClarias
SpesiesClarias garie pinus

Ciri Morfologi Ikan Lele

Ikan lele memiliki ciri morfologi atau bagian-bagian yang ada pada tubuhnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa kriteria yang berasal dari ikan lele yaitu:

  • Fisik

Morfologi pertama yang ada pada ikan lele bagian fisik atau tubuhnya. Ikan lele mempunyai tubuh yang kulitnya licin, berlendir, dan tidak bersisik. Selain itu ikan lele juga memiliki organ arborescent yang dijadikan sebagai alat untuk  membuat lele bisa hidup di lumpur  atau  air yang hanya mengandung oksigen dengan terbatas.

Selain itu ikan  lele juga memiliki tubuh yang berwarna hitam atau keabuan-abuan. Bentuk badan ikan ini yaitu panjang dan pipih.

  • Kepala

Ikan lele mempunyai karakteristik morfologi pada bagian kepalanya yaitu berkepala pipih dan terdapat empat pasang kumis yang memanjang sebagai alat perabanya.

  • Sirip

Sirip pada ikan lele  yaitu ada 3 macam diantaranta ialah sirip punggung, sirip dada, dan sirip perut. Selain sirip, ikan lele juga memiliki jumlah sungut sebanyak empat  pasang yang mana satu pasangnya lebih panjang dari yang lainnya.

Ikan lele mempunyai sirip dada yang lengkap dengan sepasang duri tajam atau patil. Selain itu gigi ikan lele juga berbentuk viliform dan menempel pada  rahang.

 

Manfaat Ikan Lele

Mengonsumsi ikan lele sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh hal ini dikarenakan lele memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan beragam. Beberapa manfaat ikan lele yaitu sebagai berikut:

  • Rendah kalori dan lemak

Ikan lele ini terkenal sebagai ikan yang rendah akan kalori. Sehingga hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, walaupun ikan lele memiliki kalori yang rendah, bukan berarti kita bisa mengkonsumsi jenis ikan ini secara berlebihan, karena hal ini justru akan membuat tubuh tidak baik.

  • Sumber protein lengkap

Kandungan protein yang ada pada ikan lele sangat baik untuk menjaga kekuatan pada tubuh. Protein ini bisa memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. selain itu kandungan protein yang berkualitas tinggi juga bisa membantu tubuh membangun massa otot tanpa lemak.

  • Sumber vitamin B-12

Selain protein dan kalori, ikan lele juga memiliki kandungan sumber vitamin B12. Biasanya satu ekor ikan lele bisa mengandung sekitar 40 % asupan vitamin B-12 yang sangat diperlukan tubuh untuk setiap harinya. Oleh karena itu ikan lele ini sangat baik untuk dikonsumsi dan bisa menambah sumber energy pada tubuh.

  • Mengandung asam lemak sehat

Asam lemak sehat yang ada pada ikan lele ternyata bisa membantu menjaga kesehatan jantung pada tubuh. Sehingga jika kita Rutin makan ikan lele maka bisa meningkatkan meningkatkan asupan asam lemak omega 3 dan omega-6 dalam tubuh.

Hal ini pastinya akan sangat berpengaruh baik pada tubuh, karena selain bisa menjaga kesehatan jantung juga bisa meningkatkan fungsi kognitif pada otak.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui tentang budidaya ikan lele lebih jauh lagi?
klik disini untuk informasi lebih lanjut

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.