7 Makanan Ikan Lele Alami di Sekitar Kita Cepat Agar Besar

7 Makanan Ikan Lele Alami di Sekitar Kita Cepat Agar Besar

Makanan Untuk Lele : Budidaya lele secara intensif akan bisa sukses jika lele tercukupi akan kebutuhan makanannya. Dengan pernyataan lain, makanan yang masuk kedalam tubuh lele bergizi tinggi sebab gizi atau nutrisi yang tinggi lagi lengkap amat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan lele.

Berkaitan dengan tujuan pemberian pakan tersebut, maka peternak harus mengetahui betul mengenai jenis pakan yang diberikan kepada lele sesuai dengan tingkatan umur dan ukuran fisik lele. Jenis-jenis pakan yang dapat diberikan kepada lele yang dibudidayakan secara intensif ada tiga jenis yakni berupa pakan pokok, pakan alternatif, dan suplemen dan vitamin.

Uraian mengenai masing-masing jenis makanan ikan lele tersebut berturut-turut dikemukakan  di bawah ini.

Makanan Ikan Lele

Jenis pakan pokok untuk lele

Jenis pakan pokok untuk lele pada umumnya berupa pelet ikan. Pakan ini merupakan buatan pabrik dan terjamin kualitasnya. Karena kandungan gizinya bisa dibilang lengkap, yakni kandungan protein 25%-27%, lemak 10-25%, karbohidrat 10-20%, vitamin dan mineral 1%.

Di pasaran bebas saat ini telah banyak beredar jenis pelet untuk makanan lele dengan berbagai merek atau tipe, seperti pelet tipe FF999, 781-SP, 781-2, DAN 781. Sejauh ini berdasarkan pengalaman peternak lele, pakan pokok lele berupa pelet paling digemari lele yang dibudidayakan dalam kolam.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Kelebihan Pakan Pelet Lele

Ditinjau dari segi penampilan secara fisik pakan lele yang berupa pelet dinilai oleh banyak kalangan peternak ikan merupakan jenis pakan lele yang paling ideal dibandingkan dengan jenis pakan lele yang lain. Sebab pelet tidak mudah hancur dalam air sehingga ketika pakan ditaburkan ke dalam air tidak mudah larut ke dalam air.

Pelet ditinjau dari segi kualitas saat ini masih dapat diandalkan. Hanya saat peternak perlu memperhatikan dalam mengenai pelet hasil lahan pabrik tersebut. Tips menggunakan pelet untuk pakan lele yakni pellet harus masih baru. Ikan ingin menyentuh pakan pellet, maka jumlah maksimal hanya untuk kebutuhan seminggu.

Pelet yang terlalu lama di gudang bisa ditumbuhi cendawan dan berbau tengik. Pellet yang berbau tengik sebaiknya tidak diberikan kepada lele sebab telah mengandung racun aflatoksin yang dapat menyebabkan pencernaan ikan terganggu.

Makanan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan

Makanan Ikan Lele – Eis pakan alternatif untuk lele

Budidaya lele dapat sukses ikan tercapai terdapat keseimbangan antara jumlah pakan yang diberikan dengan jumlah lele yang dipelihara.

Sebab jika hal itu tidak terpenuhi bisa jadi antar sesame lele terjadi kanibalisme, yaitu lele yang lebih besar dan kuat memangsa lele yang lebih kecil dan lemah.Hal itu dapat terjadi ikan jumlah lele lebih banyak daripada jumlah pakan yang diberikan.

Tetapi ke dalam yang sering dijumpai di lapangan untuk urusan pakan adalah mahalnya harga pakan. Sebagai solusinya peternak dapat membuat pakan sendiri sebagai alternative.Membuat pakan sendiri ada untung dan ada ruginya. Keuntungan peternak dapat lebih irit ditinjau dari segi penggunaan dana.

Kerugian peternak justru tidak untung saat pake karena bibit lele tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni berkurang. Hal itu dapat saat terjadi ikan komposisi pakan yang dibuatnya sendiri tidak memenuhi standar gizi untuk pertumbuhan lele. Oleh karena itu yang paling penting dalam membuat pakan sendiri untuk lele harus tahu komposisi kimia dan ukuran lele.

Komposisi pakan yang diberikan kepada lele pada pembesaran harus mengandung lebih banyak protein. Paling tidak komposisi gizi pakan buatan sendiri harus ada keseimbangan antara unsur – unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan lele, misalnya protein dan karbohidrat dibuat seimbang kadarnya.

Bahan untuk membuat pakan alternatif untuk diberikan kepada lele dapat dicari atau diperoleh di alam.

Eis atau macam sumber bahan pakan yakni berupa tepung ikan, bekicot, keong mas, limbah pengolahan ikan, limbah peternakan, ikan rucah, dan bahan–bahan lain–lain dari bahan daging.Sumber karbohidrat didapat dari dedak, ampas tahu, bungkil kelapa, dan bahan – bahan lain yang banyak mengandung tepung atau pati.

Cara membuat pakan ikan menggunakan bahan – bahan alami diuraikan berikut ini.

Makanan Ikan Lele – Bekicot dan keong mas

Ketika musim penghujan di lingkungan rumah atau tempat tinggal, pekarangan atau kebun – kebun banyak dijumpai bekicot berkeliaran bebas.

Terkadang orang merasa jijik memergoki hewan ini. oRang memandang sebelah mata pada bekicot dan keong mas. Hewan yang terkenal berkepala lambat itu merupakan hama tanaman sehingga dipandang sebagai musuh petani.

Bagi peternak lele keberadaan bekicot dan keong mas dapat diberdayakan lebih yakni dimanfaatkan untuk pakan alternatif bagi lele yang dibudidayakan dalam kolam.Bekicot dan keong mas sebagai bahan pakan mengandung protein cukup tinggi sehingga merupakan pakan sumber protein bagi lele.

Dengan memanfaatkan bekicot dan keong mas sebagai bahan pakan alternatif untuk lele, maka peternak lele dapat menekan biaya harus dikeluarkan untuk pengadaan pakan. Cara memanfaatkan bekicot dan keong mas untuk pakan alternatif lele sesungguhnya relatif mudah. Dijamin setiap orang pasti bisa.

Bekicot dan keong mas dikumpulkan dalam suatu wadah, untuk kemudian cangkangnya dipecah untuk dapat memisahkan dagingnya.

Untuk mempermudah melepaskan daging dari cangkang dapat dilakukan dengan merebus kedua eis hewan itu dalam air hingga air mendidih beberapa saat. Kemudian diangkat dan didinginkan. Setelah dingin daging akan mudah dilepas dari cangkangnya.

Daging bekicot atau keong mas yang baru saja dilepas dari cangkangnya tersebut kemudian dikecilkan ukuranya dengan dipotong kecil – kecil  menggunakan pisau yang tajam. Setelah itu potongan – potongan daging bekicot atau keong mas dapat ditebarkan ke kolam pemeliharaan lele secara merata.

Ikan ukuran lele dalam kolam sudah relative besar-besar alias mendekati dipanen, makan daging bekicot atau keong mas dapat langsung ditebarkan ke dalam kolam pemeliharaan tanpa harus melalui proses pengecilan ukuran.

Limbah peternakan sebagai Makanan Ikan Lele

Peternak lele dapat mengadakan kerjasama sinergis dengan peternakan ayam broiler komersial yang paling dekat berkaitan dengan program pengadaan pakan alternatif untuk lele yang dibudidayakan dalam kolam.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.