Budidaya Lele : Usaha yang Mudah, Modal Kecil, Untung Besar

Budidaya Lele : Usaha yang Mudah, Modal Kecil, Untung Besar

Usaha Ternak Ikan Lele : Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, budidaya ikan lele telah menjadi salah satu peluang usaha yang digandrungi oleh para pelaku usaha, karena budidaya ikan tersebut membutuhkan modal yang tidak banyak, namun menjanjikan untung yang cukup menggiurkan. Pengalaman dalam berbisnis pun tak banyak dibutuhkan dalam beternak ikan lele. Oleh karena itu, banyak wirausaha pemula yang berminat menjalankan usaha ini. Mereka yang memiliki modal terbatas memutuskan untuk menggeluti bisnis tersebut, dan terbukti sukses menuai untung dari budidaya ikan lele yang mudah dijalani ini. Besarnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lele juga membuat bisnis ini berprospek cerah. Alhasil, para peternak lele dapat dengan mudah memasarkan hasil panen kepada para distributor sehingga keuntungan sudah pasti bisa didapatkan. Ketahui seluk beluk budidaya ikan lele berikut ini agar bisa sukses menjalankan usaha ini.

Lele juga merupakan salah satu ikan tawar yang paling digemari di Indonesia. Harganya yang murah dan rasanya yang gurih tentu sudah akrab di lidah masyarakat. Ikan yang satu ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.

Didorong oleh tingkat konsumsi yang tinggi, permintaan lele di pasaran pun tak pernah sepi. Tingginya kebutuhan ikan lele membuat pasokan selalu terserap habis. Karena itulah banyak orang yang tertarik untuk mengembangbiakkan lele untuk dijual, karena besarnya peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Kelebihan Berbisnis Ikan Lele ketimbang Ikan Jenis Lain

Dibandingkan dengan ikan jenis lain, ikan lele memberikan banyak kelebihan bagi pemiliknya, karena alasan berikut ini :

1. Mudah Beradaptasi

Ikan lele adalah jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Karena alasan inilah mengapa banyak pebisnis ikan lele yang tidak kebingungan lagi saat membuat kolam dan menjaga kondisi air di dalamnya.

2. Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Keunggulan kedua dari budidaya ikan lele adalah daya tahan tubuhnya yang kuat dan tidak rentan terkena penyakit. Alhasil, kecil kemungkinannya terjadi resiko gagal panen karena ikan lele terkena penyakit dan mati.

3. Bibitnya Mudah Dicari

Bibit ikan lele yang berkualitas mudah dicari karena banyak dijual di pasaran. Harganya pun lebih terjangkau dengan harga jual yang cukup tinggi. Jadi, keuntungan yang bisa didapatkan pun akan lebih maksimal.

Kesulitan yang Biasa Dialami dalam Budidaya Lele

Meski memiliki banyak kelebihan dibanding ternak ikan jenis lainnya, ada beberapa hal yang harus diwaspadai peternak yaitu :

1. Kenaikan Biaya Pakan Ikan

Biaya kebutuhan pakan ikan yang bisa saja naik sewaktu-waktu. Jika biaya operasional bisnis naik, sudah pasti keuntungan yang akan didapatkan nanti juga akan menurun.

2. Ancaman Hama dan Penyakit dari Lingkungan Sekitar

Ikan lele memang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, namun, bukan berarti ikan ini tidak bisa terkena hama dan penyakit. Virus, jamur, serta bakteri pun dapat membuat pertumbuhan ikan lele menjadi tidak maksimal, atau bahkan gagal panen. Untuk itu, usahakan untuk selalu memantau kondisi air kolam dan lingkungan sekitar.

Modal Kecil, Cara Mudah, Untung Besar

Salah satu alasan banyak orang memilih usaha budidaya lele adalah karena hanya membutuhkan modal yang kecil. Hal ini bisa dibuktikan dengan hitungan biaya yang dibutuhkan untuk membeli keperluan proses mengembangbiakkan lele hingga biaya operasional bisnis setiap bulannya. Keseluruhan biaya tersebut jika ditotal hanya berkisar Rp 2 juta saja.

Sebagai contoh, dalam memulai usaha budidaya lele, kamu akan membutuhkan 2 buah terpal ukuran besar seharga sekitar Rp 600,000. Untuk kerangka kolamnya, kamu bisa menggunakan bahan bambu yang kuat dengan harga kurang lebih Rp 300,000. Ditambah paku serta keperluan lainnya, mungkin dibutuhkan Rp 50,000, sehingga total biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam ikan lele menjadi Rp 950,000.

Untuk kebutuhan operasional, tiga hal yang wajib untuk disiapkan setiap bulannya adalah :

  1. Bibit : Bibit ikan lele sebanyak 2000 ekor, biasanya dibanderol dengan harga Rp 500,000.
  2. Pakan : Biaya untuk pakan berkisar Rp 500,000 setiap bulannya.
  3. Vitamin dan Obat : Berguna untuk menunjang pertumbuhan ikan lele, total biayanya sekitar Rp 100,000.

Dengan demikian, total biaya bulanan budidaya ikan lele adalah Rp 1.1 juta. Sehingga, total keseluruhan modal yang dibutuhkan untuk menjadi pebisnis ternak lele adalah Rp 2,050,000.

Pengeluaran untuk pembuatan kolam hanya dilakukan di awal usaha saja. Saat sudah memasuki masa panen kedua, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya operasional saja.

Sebenarnya, usaha budidaya ikan lele ini cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak pengalaman serta pengetahuan khusus untuk bisa sukses. Namun jika pelaku usaha sama sekali tidak paham, bisa dipastikan panennya akan gagal. 

Agar usaha ini memberikan keuntungan, sebaiknya kenali dan pahami dengan baik apa saja yang harus diperhatikan dalam budidaya lele.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.