Pemkot Balikpapan Siapkan Bibit Lele untuk Warga

Pemkot Balikpapan Siapkan Bibit Lele untuk Warga

Ketahanan pangan di tengah masa pandemik COVID-19 menjadi persoalan yang harus ditangani dengan serius. Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan membagikan sebanyak 33 ribu bibit lele untuk membantu warga terdampak pandemik virus corona. Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan Heria Prisni mengatakan bibit lele tersebut akan dibagikan beserta ember sebagai wadah budidaya. Tidak hanya lele, tetapi juga bibit kangkung.

“Sekarang masih dalam proses pengerjaan untuk embernya, target kami akhir September akan mulai kami bagikan kepada warga,” kata Heria di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Selasa (1/9/2020).

1. Disiapkan 660 ember budidaya lele dan kangkung

Webinar Budidaya Ikan Lele

Ilustrasi Budidaya

Menurutnya, total 660 ember sedang disiapkan untuk dibagikan kepada warga terdampak virus corona. Masing-masing warga akan menerima satu ember yang berisi sekitar 50 ekor bibit lele.

“Kami akan siapkan 660 ember, masing-masing ember akan diisi 50 ekor dan ditambah lagi bibit kangkung, warga penerimanya masih  kami dalam proses pendataan,” ujarnya

2. Warga penerima bantuan bibit lele masih didata

budidaya lele

Ia menjelaskan dalam proses pendataan terhadap warga yang akan menerima bantuan bibit lele ini, pihaknya berencana akan meminta Dinas Sosial dalam mendata warga yang layak untuk menerima bantuan ini. “Nanti data kami minta Dinas Sosial supaya yang menerima benar-benar warga yang terdampak, jangan nanti disalahgunakan embernya untuk menampung air,” ungkapnya. Bagi masyarakat yang tidak tergolong sebagai warga terdampak pandemi Covid-19 juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pembudidayaan lele dalam ember (Bude).

Pihaknya menyediakan sekitar 50 ribu bibit lele yang akan dibagikan kepada masyarakat dengan menyediakan sendiri ember atau wadah untuk budidaya lele. “Kami siapkan sekitar 50 ribu bibit lele, tapi untuk embernya khusus warga yang terdampak, kalau yang lain sediakan sendir,” ujarnya.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.