4 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan lele ternyata dapat diperoleh saat tubuh mengkonsumsinya dalam batas wajar dan secara rutin. Ikan lele diketahui merupakan jenis ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan, bahkan oleh para peternak pemula. Hal ini membuat harga jual ikan lele di pasaran menjadi cukup terjangkau. Meski dapat diperoleh dengan mudah dan dalam harga yang murah, namun daging ikan lele justru membawa banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang tak terduga tersebut dapat yakni berupa sistem kekebalan tubuh hingga membantu program diet bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal. Tentu saja, manfaat ikan lele tersebut dapat diperoleh dengan optimal melalui cara pengolahan yang tepat. Lantas, apa saja manfaat ikan lele yang berguna bagi kesehatan tubuh tersebut. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Turunkan Risiko Anemia

Manfaat ikan lele yang dapat diperoleh adalah menurunnya risiko penyakit anemia. Saat penderita mengalami anemia, maka tubuh tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ penting. Akibatnya, tubuh akan selalu mudah lelah hingga mengalami sakit kepala yang berlebihan. Kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam ikan lele disebut merupakan hal utama untuk menghindarkan tubuh dari kekurangan sel darah merah. Sebab, vitamin B12 rupanya berperan penting untuk menunjang produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Membangun Otot

Protein tinggi yang terdapat pada ikan lele disebut dapat membantu tubuh untuk membentuk jaringan otot. Sebab, tubuh yang sehat memiliki jaringan otot kuat sehingga mampu untuk menunjang berbagai aktivitas fisik yang akan dilakukan sehari-hari. Menjaga asupan protein seperti mengkonsumsi lele juga dapat mengurangi gangguan kesehatan otot selama terjadi penurunan berat badan. Selain mengonsumsi ikan lele, peningkatan massa otot tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Menguatkan Tulang

Selain meningkatkan massa otot dan memperkuat jaringan di sekitarnya, manfaat ikan lele yang berikutnya adalah dapat menguatkan tulang hingga persendian. Seiring berjalannya waktu, tulang dan sendi manusia pasti akan mengalami degenerasi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memperlambat proses tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin serta mineral. Kandungan tersebut rupanya terdapat pada daging ikan lele yang dapat diperoleh dari mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu, ikan lele juga mengandung fosfor yang disebut lebih baik daripada telur.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat ikan lele selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Seperti yang telah diketahui, penyakit jantung dan stroke merupakan jenis gangguan kesehatan yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk menghindari risiko penyakit jantung, konsumsi selalu makanan tinggi asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan lele. Kandungan omega-3 tersebut dapat membantu tubuh untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.