Resep Pecak Lele Sederhana, Kuliner Betawi untuk Makan Bersama Keluarga

Resep Pecak Lele Sederhana, Kuliner Betawi untuk Makan Bersama Keluarga

Pecak adalah olahan ikan air tawar dengan cita rasa asam, gurih, dengan perpaduan banyak bumbu. Ikan air tawar yang digunakan biasanya berupa gurame atau lele. Dalam istilah Jawa, pecak adalah pecel atau pecel, yakni proses memecah (menekan dengan ulekan atau penyet). Bedanya, pecel lele identik dengan lele goreng disajikan bersama sambal dan lalapan, sehingga disebut juga penyetan lele. Sementara pecak lele dibakar dan disiram dengan kuah santan rempah. Baca juga: Asal Usul Pecel Lele Jadi Comfort Food di Jakarta Linda Carolina Brodjojo dalam bukunya “Jajanan Kaki Lima Khas Betawi” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memberikan resep dan cara pembuatan pecak lele yang sederhana. Siapa tahu bisa kamu coba ikuti di rumah.

Bahan pecak lele 2 ekor ikan lele 1 sendok teh asam jawa ½ sendok teh garam 250 ml santan (dari ½ butir kelapa) 25 gram daun kemangi) Bumbu halus 3 buah cabai merah (dikukus/dipanggang) 5 buah cabai rawit (dikukus/dipanggang) 3 siung bawang putih 2 sendok teh kencur (cincang lalu disangrai) 3 buah kemiri (digoreng) Kacang tanah secukupnya (digoreng setengah matang) 2 lembar daun jeruk purut Garam secukupnya Gula secukupnya

Webinar Budidaya Ikan Lele

Cara membuat pecak lele 1. Pertama, bersihkan ikan lele hingga benar-benar bersih. Keluarkan isi perut serta insangnya, dan beri beberapa keratan pada kedua sisi badan. 2. Lumuri dengan asam jawa dan garam secukupnya. Marinasi selama 10 menit hingga bumbu cukup meresap. 3. Panggang lele di atas bara api kecil hingga matang kedua sisinya. Sisihkan. 4. Haluskan bumbu halus, kemudian campur dengan santan. Siapkan wajan, masukkan bumbu halus dan santan ke dalamnya. 5. Masak bumbu halus dan santan hingga mendidih, tambahkan daun kemangi. 6. Sajikan lele yang sudah dibakar dengan siraman kuah pecak. Sajikan selagi hangat.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.