Pakan Ikan Lele Mahal, Ini 4 Pakan Alternatif yang Murah dan Mudah

Pakan Ikan Lele Mahal, Ini 4 Pakan Alternatif yang Murah dan Mudah

Memberikan pakan pada ikan lele yang dipelihara merupakan kebutuhan sehari-hari.Dengan rutinitas dan banyaknya pakan yang harus disediakan, banyak peternak lele berfikir melakukan efisiensi biaya. Beberapa pakan alternatif bisa menjadi pilihan bagi peternak. Tapi, tetap harus diperhatikan kandungan protein yang cukup untuk ikan lele.

Berikut ini 4 pakan alternatif yang bisa digunakan oleh peternak ikan lele

1. ikan curah

Ikan rucah merupakan ikan yang didapatkan dari hasil melaut dan tidak bisa dikonsumsi oleh manusia. Ikan ini sangat mudah ditemui di daerah pantai, terutama di daerah pelelangan ikan. Harganya relatif terjangkau karena penggunaannya memang hanya untuk pakan. Ikan rucah yang tidak mengandung banyak duri dapat diberikan langsung ke dalam kolam ikan lele tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, ikan rucah yang mengandung banyak duri atau tulang harus direbus terlebih dahulu untuk memisahkan tulang dari daging. Selanjutnya, tambahkan dedak halus untuk melengkapi gizinya

2. bekicot dan keong mas

Bekicot atau keong mas sangat mudah dijumpai didaerah yang lembab seperti tanah pertanian atau saluran irigasi. Keong mas merupakan hama bagi petani padi karena bisa menghabiskan padi yang baru ditanam di lahan. Kedua hewan ini harus diolah terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan. Bekicot dan keong mas harus direbus terlebih dahulu selama beberapa menit, lalu pisahkan daging dari cangkangnya. Setelah terpisah, daging bekicot atau keong mas bisa langsung diberikan pada ikan lele.

Webinar Budidaya Ikan Lele

3. Limbah pemindangan ikan

Proses pemindangan ikan akan menghasilkan sampingan berupa isi perut atau bagian-bagian ikan seperti kepala, ekor, dan sirip. Hasil sampingan atau limbah tersebut jangan langsung dibuang. Anda bisa menggunakan limbah tersebut sebagai pakan alternatif. Limbah bisa diberikan secara langsung atau dicampur dengan dedak halus dan rebus hingga setengah masak. Setelah diolah, pakan didiamkan hingga dingin dan baru bisa diberikan pada ikan.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.