Beberapa Cara Mempercepat Pertumbuhan Lele Di Kolam Terpal

Beberapa Cara Mempercepat Pertumbuhan Lele Di Kolam Terpal

Pertumbuhan lele di kolam terpal : Teknik Budidaya ikan lele adalah suatu cara dimana memelihara ikan lele dari usia kecil sampai panen. Dalam budidaya lele ada banyak faktor untuk bisa menjadikan lele cepat besar dan cepat di panen. Dengan memperpendek umur ikan lele, keuntungan yang akan kita raih bisa berlipat ganda.

Teknik pembesaran ikan lele ataupun pendederan, memang akan sangat baik jika dilakukan di media kolam tanah. Karena dengan menggunakan kolam tanah, pasokan makanan alami akan lebih mudah didapat oleh bibit lele. Penggunaan kolam terpal biasanya akan lebih lama pertumbuhannya dibanding kolam tanah, tetapi meskipun demikian, penggunaan kolam terpal bukan berarti tidak dapat digunakan untuk pembesaran lele.

Murah dan simpel serta tidak membutuhkan lahan yang banyak menjadi keunggulan penggunaan kolam terpal. Untuk mendongkrak pertumbuhan bibit lele agar cepat besar, dapat diambil langkah atau perlakuan – perlakuan tambahan. Pemberian pakan buatan juga bisa membuat ikan lele bisa tumbuh yang seharusnya 3 bulan bisa dipanen dalam usia 2 bulan.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Dalam budidaya pembesaran ikan lele ada beberapa faktor yang bisa menjadikan kita bisa cepat panen. Faktor tersebut antara lain :

Media Budidaya

Media budidaya adalah tempat hidup atau habitat untuk kita membudidayakan pembesaran ikan lele. Media yang baik tentunya adalah penggunaan kolam terpal dan sirkulasi air yang terjaga.

Bibit pembesaran ikan lele

Bibit yang baik dan sehat secara tidak langsung akan memberikan dampak perkembangan pada pembesaran ikan lele. Bibit yang sangat direkomendasikan adalah bibit yang berasal dari indukan yang baik dan jenis indukan yang mempunyai anakan cepat besar. Jenis indukan yang bisa menghasilkan hasil yang cepat panen adalah jenis indukan lele sangkuriang. Lele sangkuriang selain cepat besar juga tahan terhadap penyakit dan hama.

Pakan alami buatan

Pakan mempunyai persentase keberhasilan di budidaya pembesaran berkisar 30%. Dengan pemberian pakan yang sesuai maka panen bisa di percepat. Disarankan untuk pemberian pakan untuk pembesaran menggunakan pakan alami buatan. Karena pakan alami buatan apabila terlalu banyak tidak merusak media hidup ikan lele. Dan pakan buatan juga bisa meminimalkan modal dalam pemberian pakan pabrikan.

Ada beberapa pakan alami buatan untuk mempercepat perkembangan budidaya pembesaran ikan lele di antara nya ;

  • Ikan Rucah
  • Bangkai ayam peternakan
  • Ulat hongkong
  • Bekicot / siput
  • Kerang
  • Keong sawah

Itulah beberapa pakan alami buatan yang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Teknik pembesaran ikan lele tidaklah sesulit teknik pembesaran jenis ikan tawar yang lainnya

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.