Budidaya Lele dikolam terpal,Solusi Lahan Sempit

Budidaya Lele dikolam terpal,Solusi Lahan Sempit

Kolam lele terpal : Beternak ikan lele di kolam terpal harus sesuaikan jumlah ikan yang akan dibesarkan. Pada umumnya di kolam terpal ukuran 2 meter x 1 meter x 0,6 meter dibagi 100 ekor ikan lele yang berukuran 5 cm sampai 7 cm.

Cara beternak ikan lele di kolam terpal ada dua cara, yakni:

  1. Membuat kolam terpal dengan kerangka bambu atau kaya dengan terpal.
  2. Dengan cara menggali tanah sampai menyerupai kolam baru memasang terpal yang sudah disiapkan di dalamnya.

Ikan lele sangat aktif. Untuk itu pastikan pemberian air di kolam terpal jangan terlalu banyak. Hal tersebut juga akan memudahkan lele dalam mengambil oksigen ke atas permukaan.

Jangan lupa sediakan dedaunan atau rumpon tumbuh-tumbuhan untuk tempat bersembunyi ikan lele.

Ikan lele harus dikasih makan. Makan ikan lele berupa pelet. Pelet tersebut bisa didapatkan di toko pakan ikan terdekat. Kalau belum berubah harganya Rp8.500 per kg. Pemberian pakan pun harus tepat waktu dan teratur 2 x sehari.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

cara beternak ikan lele

Untuk memaksimalkan pemberian pakan, bisa juga ditambah pakan alami, seperti kerang, bekicot, keong mas, rayap, cacing, atau apapun untuk menunjang pertumbuhan ikan lele agar terus optimal dan panen cepat.Lakukan penyortiran. Hal ini dikarenakan ikan lele pertumbuhannya berbeda-beda, ada yang cepat besar dan tidak.

Sehingga, kita perlu memisahkan antara ukurang yang besar dan yang kecil. Maka penting, dalam satu kolam ukuran ikan lele harus sama. Hal ini untuk memastikan penyamarataan dalam pemberian pakan. Karena jika ukuran berbeda tetap tercampur maka yang ukuran kecil akan susah bersaing untuk mendapatkan makan. 

Selain memastikan tentang praktik budidaya atau beternak, biaya ternak lele kolam terpal juga patut dipertimbangkan. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat bagi para pemula.

Jadi, cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula adalah menganalisa biaya ternak lele yang akan digunakan. Selain itu, baru bisa juga menganalisa tentang keuntungan ternak lelenya. Misalnya saja ternak lele di kolam terpal 1000 ekor. Maka kita juga perlu analisa berapa besar keuntungan ternak lele 1000 ekor yang didapatkan.

Apalagi, kita sudah tahu gambaran bibit, alat yang akan dikenakan, biaya pakan, dan perawatan, serta estimasi biaya pembuatan kolam terpal.Sehingga analisa usaha ini nantinya akan membantu metode apa yang akan digunakan dalam cara beternak ikan lele di kolam terpal. Ini juga berkaitan dengan omset budidaya ikan lele yang diperoleh.

Nah ini juga menjadi satu bagian yang tak kalah penting dalam mempelajari pola cara beternak ikan lele di kolam terpal. Karena masing-masing benih yang ditabur akan membutuhkan kolam dan ukuran yang berbeda-beda.

Begitu juga ukuran untuk kolam lele 500 ekor, dan ukuran kolam lele 2000 ekor. Tentu berbeda dengan ukuran kolam terpal lele 1000 ekor.Terakhir yang bisa kita pelajari adalah tentang perhitungan usaha atau kalkulasi ternak lele. berikut yang bisa kita ketahui, baik tentang modal usaha maupun tentang keuntungan yang didapatkan.untuk memaksimalkan, dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor kegagalan dalam cara beternak ikan lele di kolam terpal yang baik dan benar adalah faktor untung rugi ternak lele itu sendiri

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.