Beberapa Tips Rahasia Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Beberapa Tips Rahasia Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Kolam terpal adalah media budidaya lele yang memiliki banyak kelebihan antara kolam kotak, kolam beton dan lain nya. Ketika Anda membuka artikel ini pastinya Anda mau panen ikan lele tiap bulan bukan? Simak ulasan dan cara budidaya lele di kolam terpal untuk pemula yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Usaha ternak lele merupakan salah satu pintu rezeki yang menguntungkan bagi para pembudidayanya. Salah satunya ialah bagi para pemula yang ingin lebih hemat dalam mengeluarkan modal usaha. Sebaiknya Anda menggunakan budidaya sistem bioflok untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Cara Pembuatan Kolam Terpal Karet

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempersiapkan lahan budidaya lele pada media terpal adalah sebagai berikut:

  • Carilah Lahan Kosong

Anda bisa mencari lahan kosong di berbagai tempat yang dipunyai sebagai lahan tempat ternak lele. Lahan yang bisa Anda pilih adalah di pekarangan rumah, di belakang rumah, atau pun dimana pun asalkan tempat kosong.

Setelah mendapatkan lahan kosong, pastikan permukaannya datar sehingga tidak membuat kolam nantinya menjadi tertumpah airnya.

Lahan yang belum datar sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu sehingga memudahkan Anda dalam memasang kolam.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

  • Pasang Rangkaian Kolam Terpal dan Rangka

Anda bisa memasang rangkaian kolam dari terpal di lahan yang sudah dibuat datar dan dibersihkan. Pastikan Anda memasang rangkaian secara benar sehingga kolam yang dibuat tidak mudah rusak dan bocor.

Pastikan Anda membuat rangkaian kolam yang kokoh atau bisa beli yang sudah siap pakai di berbagai penyedia kolam terpal bulat.

  • Pilih Kolam Terpal yang Berkualitas

Salah satu upaya dalam sukses usaha ternak lele atau nila ialah persiapan kolam.

Berdasarkan analisa modal yang efisien, sebaiknya Anda pilih kolam dari terpal karet yang berkualitas dan berbahan kuat. Terpal yang dipilih sebaiknya tidak mudah bocor dan kuat untuk dijadikan ternak selama beberapa tahun.

Anda bisa membeli kolam terpal yang berkualitas dari produsen atau distributor penyedia alat ternak lele bioflok yang sudah kredibel dan memiliki banyak mitra.

Mitra adalah salah satu referensi paling oke yang sangat bisa dijadikan acuan agar Anda mantap memilih satu produsen kolam terpal.

Budidaya Lele Kolam Terpal Sistem Bioflok

Apakah Anda mau panen ikan lele sangkuriang tiap bulan?

Tentunya Anda jangan ragu untuk mempraktekkan berbagai cara jitu sebagai berikut ini:

  • Pakai Sistem Bioflok

Anda bisa menggunakan sistem bioflok dalam budidaya ikan.

Pengertian bioflok adalah dimana ternak ikan lele menggunakan pakan dari perkembangan kotoran dan pemicu tumbuhnya mikroorganisme.

  • Perhatikan Pemberian Pakan

Pemberian pakan harus sesuai dengan jadwal yang baik. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan dengan jadwal yang jelas.

Tapi pastikan Anda tidak memberi pakan dengan kondisi yang terlalu pagi karena tentunya akan banyak lele yang tidak merasa lapar, akibatnya lele akan kurang nafsu makan.

  • Penambahan Kolam Terpal

Sebagai pemula, mungkin Anda bisa mencoba satu kolam terlebih dahulu.

Kalau sudah bisa dan memiliki pengalaman, sebaiknya Anda menambah kolam terpal lagi untuk memperbesar kapasitas Anda sebagai pembudidaya lele.

Penambahan kolam dilakukan guna untuk menambah keuntungan.

Panen ikan bisa dilakukan setiap dua bulan sekali, maka Anda pun bisa melakukannya dengan penuh kesungguhan. Misalnya saja Anda mempersiapkan pembenihan ikan lele di bulan ini, selang dua bulan maka Anda menambah kolam dan lakukan pembenihan ikan lele lagi.

Dari sini Anda bisa melakukan panen setiap 2 bulan sekali.

Rahasia ternak lele bisa panen setiap bulan adalah mempersiapkan lahan dan menambah kolam dari terpal dengan sistem yang jelas. Anda bisa menganalisa keuntungan yang didapatkan sejak awal.  Anda juga bisa membuat perencanaan yang matang untuk sebuah kesuksesan dari usaha ternak lele bioflok.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.