Pakan Alami Untuk Ikan Lele Terbaik

Pakan Alami Untuk Ikan Lele Terbaik

Ikan lele merupakan jenis ikan yang bisa dibilang paling populer untuk dibudidayakan, hal ini karena pertumbuhan ikan lele yang tergolong cepat. Selain itu daya tahan ikan yang satu ini juga dapat dikatakan sangat baik karena dapat hidup pada kondisi air yang buruk sekalipun. Meskipun pada dasarnya secara genetika ikan lele mempunyai pertumbuhan yang cepat, namun hal ini juga harus ditunjang dengan pemberian pakan yang sesuai. Menurut panduan budidaya ikan lele secara tepat, tentu faktor pakan merupakan hal yang paling krusial yang harus dioptimalkan.

Jenis Pakan Lele

Secara umum pakan ikan lele dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Pelet

Pellet merupakan pakan ikan yang paling mudah untuk didapatkan dan memiliki banyak campuran bahan yang baik untuk dikonsumsi ikan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan lele maka pastikan Anda memberikan pelet baik jenis pelet terapung maupun tenggelam.

2. Makanan Alami

Selain pakan berupa pelet, untuk menunjang pertumbuhan ikan lele juga sebaiknya diberikan pakan alaminya. Selain dapat menunjang pertumbuhan ikan lele, pakan alami juga bisa digunakan untuk meminimalisir biaya pembelian pelet.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Jenis hewan kecil seperti cacing sutra, kutu air, jangkrik, jentik nyamuk, kelabang, ikan kecil, dll merupakan contoh pakan alami ikan lele. Ikan lele merupakan ikan pemakan segala sehingga Anda bisa memberikan pakan berupa hewan kecil. Namun pastikan hewan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele. Untuk memaksimalkan kualitas pakan lele, tentu kombinasi keduanya haruslah seimbang, tambahkan dengan probiotik lele GDM yang dapat meminimalisir angka kematian serta meningkatkan kualitas ikan lele.

Pakan Alternatif Lele

Selain jenis pakan tersebut, ikan lele juga dapat diberi jenis pakan alami lainnya yang dapat menunjang pertumbuhannya. Beberapa pakan alternatif lele lainnya adalah sebagai berikut :

1. Bekicot

Bekicot merupakan hewan yang sudah umum dijumpai di sekitar tempat tinggal kita, terlebih lagi ketika memasuki musim penghujan. Bahkan pada musim penghujan kita juga bisa menemukan telur-telur bekicot, telur ini bisa kita berikan kepada lele sebagai pakan alternatif. Bekicot yang mempunyai bau amis sangat disukai oleh lele, selain itu kandungan nutrisi dan gizinya juga baik untuk pertumbuhan ikan lele.

2. Maggot Lalat

Maggot lalat disini bukan sembarang lalat, namun diambil dari jenis black soldier. Umumnya maggot lalat baru tumbuh pada siklus tertentu. Pertumbuhan siklus maggot ini bisa digunakan bila belum memasuki fase pupa berubah menjadi lalat. Kandungan pada maggot terbilang cukup tinggi karena mencapai 40%, kandungan ini lebih tinggi dibandingkan pelet pabrikan yang kandungannya sekitar 20 – 25%.

3. Cacing

Seperti yang kita tahu, jenis pakan berupa cacing sangat disukai oleh berbagai jenis ikan termasuk ikan lele. Cacing mengandung protein sebanyak 70% di dalamnya, karena pakan alami berupa cacing sangat baik untuk pertumbuhan ikan lele.

4. Tanaman dan Dedaunan

Anda juga dapat memberikan pakan berupa tanaman dan dedaunan untuk lele, tanaman air yang umumnya diberikan ke lele adalah azolla dan lompong. Selain itu jenis tanaman lain seperti daun singkong, daun pepaya, dll juga bisa Anda berikan. Bila Anda bingung apa itu tanaman azolla, sebenarnya nama lain tanaman ini adalah tanaman paku air. Tanaman ini hidup seperti enceng gondok yang tumbuh mengapung di perairan. Sedangkan tanaman lompong tentu kita semua sudah tahu bukan, jenis tanaman ini merupakan pakan alami yang sudah familier. Karena mudah ditemukan dan didapatkan, lompong sering digunakan sebagai pakan alami untuk ikan lele.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.