Keunggulan Pemakaian Kolam Terpal Bundar dalam Budidaya Lele

Keunggulan Pemakaian Kolam Terpal Bundar dalam Budidaya Lele

Kolam terpal bundar : semakin populer untuk wadah budidaya ikan. Selain Ikan lele, jenis ikan air tawar yang lain seperti Gurami dan Patin dapat dioptimalkan budidayanya menggunakan kolam terpal. Banyak pembudidaya yang sudah berhasil dan sukses menerapkan budidaya ikan menggunakan kolam terpal.

Selain lebih efisien, dan sangat mudah diaplikasikan di lahan terbatas serta biaya pembuatan yang relatif lebih murah dibanding kolam tembok, budidaya ikan di kolam terpal juga memiliki keunggulan dibanding budidaya ikan di kolam tembok atau kolam tanah.

Kolam Terpal Bundar Dapat Diaplikasikan Pada Tempat Terbatas

Bagi peternak yang tinggal di tempat yang sangat minim tempat seperti di perkotaan yang padat penduduk dan di daerah pesisir pantai yang notabene tanahnya berpasir dan kurang mampu menahan air (porous), kolam terpal merupakan solusi yang tepat untuk budidaya ikan. Budidaya ikan pada kolam tanah sangat tidak efektif di daerah padat penduduk atau pesisir pantai karena untuk tempat kolam terpalnya sendiri memakan waktu dan tempat yang cukup luas,Penulis akan ambil contoh yang di pesisir pantai yang tanahnya porous akan menemui kendala karena air akan terus berkurang karena langsung meresap ke tanah. Kolam terpal bundar inilah solusi yang CIHUY jika anda ingin mencoba usaha budidaya ikan.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Suhu di Kolam Terpal Lebih Stabil

Sedikit cerita dari pengalaman peternak gurame membuktikan kolam terpal mampu menahan fluktuasi suhu kolam yang biasanya terjadi saat perubahan musim. Rahasianya terdapat pada peletekan alas sekam yang ditebar sebelum terpal di pasang. Pada musim kemarau alas sekam disiram air agar lebih cepat busuk. Proses pembusukan sekam ini kemudian menghasilkan panas yang akhirnya mampu menjaga suhu air tetap stabil untuk budidaya gurame.

Ikan di Kolam Terpal Tidak Berbau Tanah

Berbeda dengan membudidayakan ikan di kolam terpal, ikan yang dibudidayakan di kolam tanah biasanya ikan hasil panenan masih berbau lumpur/tanah, ikan hasil dari budidaya di kolam terpal sama sekali tidak berbau lumpur. Ikan yang tidak berbau lumpur relatih sangat disukai oleh para konsumen.

Pemanenan Sangat Mudah

Dikarena ukuran dari kolam terpal yang tidak terlalu besar dan sangat fleksibel, panen ikan di kolam terpal bundar relatif sangat mudah proses penanamannya dilakukan. Selain itu dasaran kolam terpal biasanya hanya terdapat sedikit lumpur atau malah tidak ada sama sekali sehingga panen ikan di kolam terpal lebih mudah untuk dilakukan.

Perawatan Kolam Terpal Lebih Cepat

Proses perawatan untuk pembersihan dan pengeringan kolam terpal bundar sangat mudah dan cepat, sebelum digunakan lagi jelas sangat cepat dibanding dengan kolam tanah. Proses pembersihan dan pengeringan ini harus dilakukan secara rutin oleh para peternak ikan agar ikan tidak terkena bibit penyakit. Dalam perawatan kolam terpal bundar, kolam tanah umumnya memerlukan waktu 2-7 hari untuk proses pengeringan. Dan kolam terpal bundar hanya memerlukan waktu yang singkat paling lambat 1-2 hari untuk proses pengeringan.

Tebar Bibit Ikan Lebih Padat

Di pembudidayaan ikan menggunakan kolam tanah sangat jarang dilakukan pembersihan untuk kotoran ikan dan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam. Penumpukan sisa pakan dan kotoran ikan yang semakin hari semakin menumpuk akan menyebabkan lahirnya amonia dan hidrogen sulfida yang bersifat beracun bagi ikan. Ikan pun kemudian enggan untuk berenang di dasar kolam. Mengakibatkan ruang gerak ikan menjadi sangat terbatas.

Lain halnya pembudidayaan ikan menggunakan kolam terpal bundar. Kotoran ikan dan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam lebih mudah dibersihkan dengan cara disedot (shift pond). Ruang gerak ikan akan menjadi lebih luas karena ikan dapat berenang di dasar kolam tanpa takut teracuni amonia.

Jarang Terkena Hama & Penyakit

Hama yang akan memangsa ikan khususnya benih jarang ditemui di kolam terpal. Selain itu ikan yang dibudidayakan pada kolam terpal relatif atau sangat jarang terserang penyakit.

Kelangsungan Hidup Ikan Sangat Tinggi

Karena kualitas air yang sangat terkontrol serta minimnya dari serangan hama dan penyakit maka kelangsungan hidup ikan yang dibudidayakan di kolam terpal lebih tinggi. Pengalaman dari pembudidaya ikan lele yang menggunakan kolam terpal, kelangsungan hidup ikan lele yang bisa mencapai 95 %.

Demikian beberapa keunggulan menggunakan kolam terpal bundar sebagai wadah budidaya ikan, Walaupun mempunyai berbagai macam keunggulan, Tidak berarti kolam terpal tersebut merupakan cara terbaik untuk membudidayakan ikan air tawar. Jika anda ingin membudidaya ikan khususnya dalam jangka panjang. Kolam ikan yang permanen akan sangat cocok untuk menjadikan bisnis budidaya ikan sebagai pemasukan utama.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.