Tips Mudah Membuat Kolam Terpal Bagi Pemula Di Lahan Sempit

Tips Mudah Membuat Kolam Terpal Bagi Pemula Di Lahan Sempit

Kondisi pandemi memaksa setiap orang harus meminimalkan aktivitas di luar rumah. Walaupun diminta untuk beraktivitas di dalam rumah, namun terbukti sebagian orang justru merasa kesulitan. Salah satu sebabnya yaitu rasa bosan saat terus menerus berada di rumah.

Untuk mengatasinya, beberapa orang mencoba melakukan sesuatu yang baru untuk menghilangkan rasa bosan sekaligus mengisi waktu saat di rumah. Ada yang berolahraga, mencoba resep masakan, bercocok tanam, atau berternak ikan.

Khusus untuk berternak ikan, Anda bahkan juga bisa meraup untung dengan menjual ikan hasil budidaya yang Anda lakukan. Namun, satu masalah yang sering dihadapi adalah tidak adanya kolam yang sesuai untuk mulai memelihara ikan.

Jika hal tersebut menjadi hambatan, jangan khawatir. Karena Anda juga bisa membuat kolam ikan dengan menggunakan terpal. Kolam terpal ini juga cukup populer untuk membudidayakan ikan. Cara membuat kolam terpal pun juga tidak sulit.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan, berikut akan kami berikan beberapa cara membuat kolam terpal yang bisa digunakan untuk memelihara ikan.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Cara Membuat Kolam Terpal di Atas Permukaan Tanah

Sesuai judulnya, kolam ini dibuat di atas permukaan tanah. Dilansir agrotani.com, keuntungan dari jenis kolam ini yaitu Anda tidak perlu membuat galian tanah atau membuat lubang pada tanah. Namun Anda harus membuat rangka yang kuat sebagai penegak berdirinya terpal.

Bahan-bahan:

  • Bambu
  • Pipa
  • Semen
  • Batu Bata
  • Pasir
  • Terpal

Cara membuat kolam terpal:

  1. Buat denah atau ukuran kolam biasanya yang sering digunakan 2 x 3 x 1 m atau 4 x 5 x 1 m.
  2. Buat pondasi kolam dengan ukuran yang Anda inginkan.
  3. Buat saluran masuk keluarnya air.
  4. Setelah kolam kering anda bisa menerapkan terpal.

Cara Membuat Kolam Terpal di Dalam Tanah

Kolam jenis ini dibuat di dalam tanah, sehingga Anda harus menggali tanah untuk membuat lubang yang sesuai dengan ukuran kolam yang ingin dibuat. Kolam ini merendam sebagian atau juga keseluruhan kolam.

Ada dua jenis kolam terpal di dalam tanah. Jika Anda hanya ingin sebagian kolam saja yang direndam, maka Anda harus membuat rangka yang kokoh untuk menjaga kolam tetap tegak. Namun, jika Anda ingin merendam keseluruhan kolam, tidak perlu membuat rangka. Namun Anda harus menggali lubang yang cukup dalam untuk mendapatkan ukuran yang sesuai.

Membuat kolam terpal ini tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan usaha ekstra. Yang penting adalah terpal yang dijadikan sebagai kolam jangan sampai bocor sedikit pun, diperhitungkan beban air dan ikan agar kolam yang anda buat bisa menahannya.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kolam terpal di dalam tanah:

Pisahkan bambu yang akan digunakan. Pasang bambu sebagai pasak dengan cara melingkari petakan sesuai ukuran terpal yang akan dibuat.

Bahan dan alat:

  • Cangkul
  • Terpal
  • Meteran
  • Pasak (bambu)

Cara membuat kolam terpal:

  1. Tentukan ukuran yang akan digunakan biasanya 2 x 3 x 1 dengan luas terpal 4 x 5 m.
  2. Tancapkan pasak pada lahan yang sudah diukur menggunakan meteran.
  3. Cangkul dan buat lubang sesuai ukuran.
  4. Buat lubang pembuangan dan masuknya air ke dalam kolam.
  5. Masukan terpal ke dalam lubang kolam.

Pemasangan Pipa Saluran untuk Pembuangan

Tak hanya cara membuat kolam terpal saja yang harus diperhatikan, karena saluran pembuangan pada kolam terpal juga menjadi bagian penting yang berfungsi untuk mengganti air.

Untuk lubang salurannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, semakin lebar lubang salurannya maka akan semakin cepat proses pembuangannya.

Tak hanya digunakan sebagai saluran pembuangan saja, namun lubang tersebut digunakan sebagai pengatur level pada ketinggian air dalam kolam.

Bahan dan Alat :

  • Clamp/Klem
  • Pipa PVC/ paralon
  • Knee
  • Ban Motor yang masih bagus
  • Pisau atau cutter
  • Obeng
  • Tali
  • Spidol
  • Lem

Cara membuat :

  1. Beri tanda pada bagian terpal yang ingin dijadikan tempat saluran pembuangan dengan menggunakan spidol. Jika sudah, masukan salah satu ujung knee dari arah luar ke dalam terpal. Pastikan bahwa salah satu ujungnya sudah menghadap ke arah pembuangan.
  2. Setelah itu, ikat terpal dan pipa pembuangan dengan menggunakan karet ban bekas yang terlebih dulu digunting. Usahakan pengikatan dilakukan serapi mungkin supaya tidak terdapat banyak lekukan.
  3. Kemudian pasang klem yang terbuat dari stainless supaya tidak mudah berkarat. Klem tersebut dipasang tepat di bagian yang sudah diikat. Kencangkan ikatan tersebut dengan menggunakan obeng.
  4. Buka lubang yang sudah ditandai dengan menggunakan cutter atau pisau.
  5. Terakhir, pasang pipa pvc atau paralon yang akan dipasang pada kolam dengan panjang yang sudah disesuaikan dengan tinggi volume air yang diinginkan. Pipa yang berada di sisi luar bisa menyesuaikan dengan panjang sampai luar kolam.
Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.