Tips Jitu Dan Cara Memasarkan Hasil Ternak Ikan Lele

Tips Jitu Dan Cara Memasarkan Hasil Ternak Ikan Lele

Cara Memasarkan Hasil Ternak Ikan Lele : Tidak dipungkiri lagi bahwa bisnis ternak ikan lele termasuk ke dalam salah satu jenis bisnis yang potensial untuk dijalankan. Ternak ikan lele termasuk salah satu jenis usaha perikanan yang mudah dijalankan, mengingat jenis ikan ini termasuk ikan yang mudah dalam perawatannya. Meski perawatan ikan lele tergolong mudah serta cara budidayanya yang tidak ribet, pemasaran ikan lele tergolong agak sulit, terutama bagi peternak yang menjual produknya dalam skala besar.

Banyaknya jumlah produksi lele yang dihasilkan dan kadang memiliki ukuran variasi yang berbeda mengharuskan para peternak untuk seksama dalam memperhatikan aspek pemasaran ini. Oleh karena itu, para peternak harus mengetahui cara memasarkan hasil ternak ikan lelenya agar tidak mengalami kebingungan saat hendak menjual hasil panennya. Berikut ini beberapa cara untuk memasarkan ikan lele secara tepat dan efektif bagi pemilik usaha budidaya ikan lele dalam skala besar.

Menjadi Supplier Pasar

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak digemari konsumen rumah tangga. Selain harganya lebih murah dari ikan lainnya, lele juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Untuk itu, menjadi supplier pasar merupakan cara yang tepat untuk memasarkan bisnis ikan lele. Mengingat hampir setiap hari permintaan ikan lele selalu ada.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Mencari produsen makanan berbahan baku ikan lele

Saat ini sudah banyak pengusaha yang menjalankan bisnis makanan berbahan baku ikan lele, mulai dari abon ikan lele, kerupuk kulit lele, nugget lele hingga dendeng ikan lele. Para pengembang usaha makanan ini biasanya berkesinambungan menyuplai bahan baku. Nah, inilah kesempatan yang baik untuk memasarkan usaha ternak ikan lele.

Kerjasama dengan pengepul

Bekerja sama dengan pengepul adalah salah satu cara memasarkan ikan lele secara praktis. Biasanya pengepul akan mendatangi peternak secara langsung karena telah mengetahui bahwa peternak menjalankan bisnis ternak lele. Untuk bekerja sama dengan pengepul, peternak harus memperhatikan penawaran harga yang diberikan. Bila perlu, peternak dapat mengumpulkan beberapa pengepul untuk mendapatkan harga lele terbaik.

Menawarkan pada pedagang pecel lele

Pecel lele termasuk salah satu makanan favorit, terutama di pulau Jawa. Memasarkan ikan lele kepada para pedagang pecel lele juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk dilakukan. Peternak bisa menjalin kerja sama dengan para pedagang tersebut.

Jalin kerja sama dengan restoran

Ikan lele tidak hanya disajikan di warung pinggir jalan atau warung pecel lele. Banyak restoran yang menyajikan menu yang berkaitan dengan ikan lele. Untuk masuk ke dalam pasar ini, peternak harus memperhatikan kualitas dan ukuran dari ikan lele yang akan dipasarkan. Untuk masalah harga, peternak tidak perlu khawatir karena banyak restoran yang siap untuk membayar berapapun harganya untuk ikan lele dengan kualitas yang baik.

Jika semua cara di atas telah dilakukan, tentu usaha bisnis ternak ikan lele akan tetap berjalan dan berkembang. Dengan begitu, penting bagi para peternak ikan lele untuk membagi kolam sehingga dapat memastikan adanya kesinambungan panen demi memenuhi kebutuhan pemasaran. Itulah beberapa tips memasarkan ikan lele secara efektif. Selain masalah pemasaran, peternak juga harus memperhatikan masalah keuangan bisnis. Jangan sampai peternak tidak mengetahui angka pasti yang didapatkan saat menjalankan bisnis ternak lele.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.