Cara Lengkap Ternak Lele di Kolam Terpal

Cara Lengkap Ternak Lele di Kolam Terpal

Ternak lele merupakan salah satu bisnis perikanan rumahan yang berkembang pesat, terlebih lagi bisa dilakukan di kolam terpal. Usaha ini memiliki pasar yang luas, mulai dari kalangan masyarakat ekonomi rendah sampai menengah ke atas.

Tidak heran, ikan lele dapat ditemukan di berbagai macam warung makan, kantin sekolah, serta restoran mewah. Pasar ternak lele yang luas membuat banyak pengusaha mulai membudidayakan ikan ini. Salah satu teknik yang dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan ikan lele ialah dengan menggunakan kolam terpal karena dinilai lebih mudah, murah, serta menghasilkan lele yang berkualitas.

Berikut ini akan dijelaskan cara budidaya ternak lele di kolam terpal:

Memilih Bibit Ternak Lele

Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit ternak lele ialah menentukan varietas bibit lele yang diinginkan.

Pada umumnya, ternak lele yang dijumpai di pasaran adalah jenis ikan lele dumbo dan lele sangkuriang. Jenis ikan lele tersebut selain waktu pemeliharaan yang relatif cepat, cara pemeliharaan juga relatif lebih mudah.

Adapun beberapa syarat dalam memilih bibit ternak lele yang unggul ialah:

  • Memilih bibit ternak lele yang sehat, bibit yang harus aktif dan lincah bergerak
  • Ukuran bibit seragam
  • Riwayat indukan yang baik
  • Tidak ada penyakit atau kelainan pada bibit ternak lele

Saat ini, jenis ternak lele yang paling banyak dibudidayakan ialah jenis sangkuriang karena memiliki masa tumbuh yang relatif cepat sebagai generasi ke-2 dari jenis Dumbo. Adapun jenis dumbo lebih banyak dibudidayakan pada tahun 80-an, walaupun hingga kini masih tetap eksis karena memiliki pelanggan tersendiri.

Syarat Hidup Ternak Lele

Sebenarnya tidak ada syarat utama bagi ikan lele untuk hidup karena ikan lele dapat hidup dalam kondisi lingkungan apapun.

Ikan lele dapat hidup di air tawar, air asin, air rawa, bahkan di selokan sekalipun. Kegunaan syarat hidup ternak lele dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas ternak lele bagi yang ingin serius mengelolanya secara profesional.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Adapun beberapa syarat hidup ternak lele ialah:

1. PH

PH merupakan dasar dalam menentukan syarat hidup ikan. Tidak jarang karena kondisi pH yang tidak sesuai, bisa menyebabkan ikan mati secara massal. Hal ini juga berlaku bagi ternak lele. PH yang cocok dalam budidaya ternak lele berada pada kisaran 7 – 8.

2. Suhu

Jenis ikan lele dapat hidup pada kisaran suhu 26 sampai 32° C. Suhu yang lebih rendah akan mengganggu saluran pencernaan ikan lele. Kondisi air yang hangat dapat melancarkan pencernaan ternak lele.

3. Lokasi

Lokasi pemeliharaan ternak lele umumnya tidak mendasar. Ternak lele dapat dibudidayakan di sawah, kolam, kolam terpal, akuarium, dan lain – lain.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.