Begini Cara Membuat Kolam Terpal Lele

Begini Cara Membuat Kolam Terpal Lele

Ternyata Membuat Kolam dengan Terpal sangat bagus dan cocok digunakan untuk budidaya ikan lele, karena kenapa dengan menggunakan Terpal sebagai alas pada kolam itu, selain simpel juga dapat mempermudah dalam mengambil Ikan Lele yang sangat licin.

Kolam terpal merupakan jenis kolam ikan yang dibuat menggunakan bahan dasar dari plastik, Terpal ini akan digunakan menjadi alas kolam sekaligus dinding kolam. Dalam penggunaan kolam terpal ini bentuknya bisa dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan anda dan pastinya membuat kolam terpal bisa menghemat biaya dan tidak bersifat permanen dan suatu saat mungkin ingin merubahnya kembali.

Jika dalam ternak Ikan Lele tidak menggunakan Terpal pada Kolam nya menurut saya akan kesulitan ketika hendak menangkap Ikan lele tersebut dan dalam pengelolaan nya pun akan lebih sulit, Nah dengan Membuat Kolam Terpal ini akan mempermudah Anda semuanya. Kolam terpal ini bisa menjadi salah satu alternatif disaat lahan yang digunakan untuk budidaya Ikan terbatas. Selain itu cara membuat terpal ini terbilang cukup mudah dan tidak banyak memakan biaya yang cukup besar.

Jenis Kolam Terpal ini memiliki sifat semi permanen atau dapat dibongkar pasang ketika suatu saat ingin dipindahkan kolamnya atau ingin diperbesar kolamnya itu sangat mudah dan tidaklah ribet dalam proses pembongkarannya.

Berikut Langkah Langkah Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele Secara Mudah

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut perlu kita ketahui terlebih dahulu apa saja si keuntungan dan kekurangan dari pemakai Kolam Terpal ini, Di bawah ini akan dibahas secara lengkap dan mudah dipahami pagi Anda semuanya

Kelebihan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele

1. Menekan Serangan Hama Dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit pada kolam ikan memang sering terjadi pada budidaya khususnya di budidaya ikan, Namun pada budidaya ikan lele kolam terpal ini dapat menekan serangan hama dan penyakit yang sering terjadi dapat diantisipasi. Hal ini terjadi karena tingkat kelembaban alas dan dinding kolam dari bahan terpal berbeda dengan kolam permanen atau pun kolam tanah.

Biasanya hama dan penyakit ini berkembangbiak di dinding atau mengendap di dasar kolam, Jika dalam ternak lele ini di kolam semen atau tanah hama dan penyakit akan lebih mudah untuk datang dan berkembangbiak, sehingga akan menjadi sarang dan penyakit bagi Ikan Lele Anda.

2. Persentase Hidup Ikan Lele Akan Lebih Lama

Kolam dengan terpal ini akan membuat hidup ikan lele menjadi lebih lama, hal ini didasari karena air yang tetap terkontrol sehingga terhindar dari serangan hama dan penyakit. menggunakan kolam terpal dalam budidaya ikan lele akan menjadi lebih sehat dan terjaga lagi.

3. Pekerjaan Lebih Mudah

Sistem budidaya ikan lele dalam kolam terpal ternyata bisa menjadi aktivitas sampingan tanpa mengganggu aktivitas utama anda. Pembuatan kolam terpal ikan lele ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. dalam penyebaran benih, perawatan serta panen pun akan lebih mudah tanpa tenaga yang berlebih. Budidaya lele kolam terpal in cukup mudah untuk dibersihkan.

4. Berguna Untuk Daerah Kurang Air

Penggunaan kolam terpal ini bisa digunakan untuk daerah yang memang kurang air dan kolam terpal untuk ikan lele ini bisa menjadi pilihan dan solusi yang tepat bagi anda. Terpal yang berbahan dasar plastik akan menampung air dengan maksimal tanpa terjadi resapan ke dalam tanah. sehingga budidaya lele kolam terpal anda tidak membutuhkan air yang banyak.

Kekurangan Dari Kolam Terpal Dalam Budidaya Ikan Lele

1. Air Kolam Cepat Berbau Tidak Sedap

Air yang tertampung secara teru menerus tanpa terkoordinasi akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan keruh. Kekurangan dari budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal yaitu tidak mempunyai bakteri organik yang terdapat merombak atau mengurangi. sehingga sisa pakan lele yang mengendap di dasar kolam terpal ikan lele anda akan mengendap dan mengalami pembusukan. Sehingga anda perlu rutin mengontrol dan membersihkan untuk mengatasi hal tersebut agar terjaga kesehatan kolam ikan lele tersebut.

2. Cepat Rusak Dan Bocor

Bahan utama dari Kolam Terpal itu Plastik yang sebetulnya cepat mengalami kerusakan, karena bahan utamanya yang terbuat dari plastik. Air yang terus tertampung membuat terpal basah serta ditambah terik matahari maka terpal akan lebih mudah lapuk dan rusak. Terkadang juga permukaan kolam yang mungkin tidak bersih dan banyak sesuatu yang terdapat di dasar kolam tersebut akan membuat robek di terpal itu seperti terkena batu, kayu, dan benda tajam lainnya hal tersebut akan membuat terpal menjadi bocor maka sebelum memasang terpal kita harus mengecek dan membersihkan terlebih dahulu di dasar kolamnya.

Berikut Tahapan Tahapan Cara Pembuatan Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

1. Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

Dalam Membuat Kolam Terpal untuk Ikan Lele ini Anda perlu menyiapkan bahan bahan berupa Terpal yang berukuran 4 x 6 Meter, Bambu yang dipakai untuk rangka dinding kolam lebih berjumlah 10 biji, Dengan panjang rata rata sekitar 7 Meter.

2. Membuat Kerangka

Selanjutnya yaitu dengan membuat kerangka kolam menggunakan bahan bambu, terlebih dahulu potonglah bambu tersebut yang masing masing berukuran 2 dan 4 Meter, Potonglah bambu sebanyak yang diperlukan dan sesuai kebutuhan, menyesuaikan kerapatan antar bilah. susunlah seperti halnya menyusun pagar.

Kekuatan konstruksi rangka tergantung dari tingkat kerapatan pagar kerangka yang dibuat tadi, Semakin rapat maka akan semakin bagus dan kuat yang paling penting juga Anda haru meraut bambu sehalus mungkin agar tidak menyebabkan kebocoran pada terpal akibat bambu yang tajam.

Utamakan pagar bambu diletakan di posisi bawah, sedangkan pagar bambu yang sudah halus di bagian atas. Buatlah pagar menjadi dua buah ukuran, yaitu 1  4 meter dan 1 x 2 meter.

Kemudian kalau sudah selesai buatlah patok atau pasak dari bambu yang dipotong menjadi dua bagian (Jangan dibelah biarkan saja utuh). Kemudian pasanglah pagar bambu dengan cara mengikat atau memakunya pada patok yang sudah tertancap di masing masing pojok dan sekitarnya pagar. Perbanyaklah patok di kolam agar kerangka semakin aman dan kuat supaya tidak rapuh.

3. Membuat Saluran Pipa

Ketika pagar dan patok sudah siap, sekarang selanjutnya membuat pipa saluran pembuangan air kolam terpal. saluran ini berfungsi sebagai sarana mengganti air, pembersih kolam dan permanen ikan hal ini sangat penting sekali untuk mempermudah dalam proses pengurasan untuk membersihkan kolam.

Caranya, Buatlah lubаng ріра yang сukuр besar agar pengurangan аіr di kolam dараt kеluаr dеngаn сераt. Sеlаіn іtu, dеngаn аdаnуа ріра saluran реmbuаngаn, kаmu dараt mengatur tingkat kеtіnggіаn аіr kоlаm. 

Pelatihan Budidaya Ikan lele

  • Untuk mеmbuаt ѕаlurаn pipa pembuangan, ѕеdіаkаn bаhаn-bаhаn bеruра klem ѕеlаng, pipa раrаlоn ukuran 2 inch, ріра ѕаmbungаn siku, bаn dаlаm bеkаѕ yang kondisi nya mаѕіh bаguѕ, gunting, оbеng mіnuѕ, tali dаn lеm. 
  • Pertama, kаmu hаruѕ menandai bаgіаn mаnа уаng аkаn kаmu jadikan ѕаlurаn ріра реmbuаngаn. Lulu mаѕukаn ѕаlаh ѕаtu jung ріра ѕаmbungаn siku ле dalam ее крад yang kamu tаndаі. Ujung уаng ѕаtunуа hаruѕ bеrаdа dі bawah terpal dan mеnghаdар kе ріра saluran реmbuаngаn. 
  • Sеlаnjutnуа, ѕаtukаn terpal dаn ріра ѕаmbungаn ѕіku mеnggunаkаn ban bеkаѕ yang telah dіguntіng mеn вері ѕіlіndеr уаng panjangnya kurang lebih 2 cm. Kеmudіаn, раѕаnglаh klеm аgаr ikatan tadi ѕеmаkіn kuаt. Putаr bagian screw-nya agar klem mаkіn kеnсаng.
  • Jіkа tеrраl dan ріра sambungan ѕіku ѕudаh mеnуаtu, bukаlаh terpal yang dіtаndаі ѕаmраі bеrlubаng. Suрауа potongannya rарі dan tidak bеrаntаkаn, sebaiknya gunаkаn ріѕаu ѕіlеt. Kаlаu perlu rеkаtkаn pipa, ban karet dan klem dengan lem agar ѕеmаkіn kuat. 
  • Klem ѕеlаng sebenarnya dapat dipasang dі bagian dаlаm ѕеhіnggа tаmраk lеbіh rapi. Tapi, kеlеmаhаnnуа, kаmu tіdаk bisa melakukan реngаturаn раdа klem kаrеnа bеrаdа di bаwаh terpal. 
  • Lokasi pipa реmbuаngаn уаng аkаn dіѕаmbungkаn ke pipa sambungan ѕіku lеtаknуа dіbuаt lеbіh rеndаh dari tanah di ѕеkеlіlіngnуа. Tujuannya supaya air dараt mengalir dengan lancar. 
  • Jіkа ріра ѕаmbungаn siku ѕudаh tersambung erat dеngаn tеrраl dаn lubаng tеrраl ѕudаh ѕеmрurnа, ѕеkаrаng ѕаmbungkаn dеngаn ріра реmbuаngаn. 

Anda dараt membuat pipa ѕаlurаn реmbuаngаn di dalam dan di luаr kolam itu sesuai kebutuhan ya. Namun, dеngаn саtаtаn, pipa dаlаm kolam dіfungѕіkаn ѕеbаgаі saringan аіr dаn іkаn. 

Sampai saat ini Kolam Terpal untuk ikan lele siap digunakan tinggal perawatan berkala yang perlu dilakukan baik dari sisi kebersihan dan kekuatan dari si kolamnya itu sendiri agar selalu terjaga dan bisa tahan lama.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.