Membuat Rangka Kolam terpal yang Kuat

Membuat Rangka Kolam terpal yang Kuat

Membuat Rangka untuk Kolam terpal terkadang gampang-gampang sulit, kenapa demikian, Apabila membuat Rangka Kolam dengan bahan yang tidak kuat Maka resiko yang akan dihadapi adalah robohnya kolam ikan, Apalagi robohnya tersebut pada saat Ikan Mau Di panen.

Maka dari itu Kami memberikan ide membuat Rangka Kolam Ikan Terpal sebagai berikut.

Bahan-bahan Yang diperlukan yaitu :

  1. Besi siku 4 cm sebanyak 10 Batang atau secukupnya 
  2. Bor
  3. Mata Bor Besi
  4. Baut fisher besi ukuran 8”
  5. Baut 8” panjang 3cm dan 4cm
  6. Papan secukupnya.
  7. Gergaji Besi.
  8. Ripet

Setelah bahan-bahan tersedia, Mari kita Buat…

Pelatihan Budidaya Ikan lele

  1. Setelah di tentukan ukuran kolam, potong besi sesuai ukuran, apabila tinggi kolam 1 meter atau lebih, besi di setiap sisi usahakan 3 baris, yang akan dipasang di bawah, tengah dan atas tapi, untuk dinding yang menempel di tembok tidak perlu 3 baris. Cukup bagian atasnya saja.  
  2. Lakukan Pem bor an untuk melobangi besi, saran saya beri lobang besi setiap minimal 1 meter atau lebih dekat lebih bagus.
  3. Setelah besi di lobangi, rangkai besi sesuai dengan bentuk kolam yang diinginkan.
  4. Besi yang menempel di dasar kolam dan di pinggir kolam, ditempelkan dengan menggunakan baut Fisher besi, dengan cara lobangi terlebih dahulu dasar kolam (lantai semen) dan pinggir kolam (Tembok) dengan menggunakan Bor yang bermata bor 8”.
  5. Dan untuk pertemuan besi dengan besi gunakan baut ukuran 8” panjang 3” atau 4”.
  6. Setelah besi di lobangi dan dasar kolam,tembok sudah di lobangi, mulai lah pemasangan besi dengan menggunakan Baut fisher dan baut 8”.
  7. Setelah Besi sudah terpasang dan membentuk kubus.
  8. Potong Papan sepanjang tinggi kolam, lalu beri lobang di dasar, tengah dan atas papan, usahakan disesuaikan dengan posisi Besi.
  9. Lobang di papan tersebut fungsinya adalah untuk merekatkan besi dengan papan dengan menggunakan ripet.
  10. Susun Papan di sekeliling rangka kolam besi, lalu masukan ripet ke dalam lobang papan yang sebelumnya sudah disediakan, sehingga papan menempel dengan kencang di besi.
  11. Setelah selesai baru pasangkan terpal sesuai dengan bentuk kolam. Enaknya menggunakan sistem rangka ini adalah, terpal bisa di pasangkan di rangka dengan cara bagian atas terpal di rekatkan ke besi dengan menggunakan baut tang dimasukan ke lobang besi yang sebelumnya sudah disiapkan.
  12. Setelah Terpasang semua bahan, dan mulai diisi dengan air, jangan lupa memberi Potongan besi sebagai penahan di sisi kolam yang tidak menempel di dinding. Besi dipasang dari sisi kolam mengarah 45 derajat ke arah atas kolam.

Alhamdulillah, Pembuatan Kolam telah selesai, dan siap digunakan untuk berbudidaya ikan.Selamat Mencoba..

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.