Budidaya Ikan Lele Hias Dumbo Albino

Budidaya Ikan Lele Hias Dumbo Albino

SELAIN warna hitam ada lagi lele berwarna kuning agak putih dan jika sudah tua kuning kemerahan. Meski dominan warna kuning agak putih maupun kemerahan, biasa muncul juga warna hitam di bagian badan, sehingga bisa berwarna belang.

Lele seperti ini sering disebut dumbo albino. Sebenarnya sudah lama ada, sejak awal munculnya lele dumbo. Namun banyak yang beranggapan sebagai ikan hias saja, jadi tak banyak yang membudidayakan. Padahal citarasa daging lele dumbo albino menurut saya lebih enak dan gurih,

warna ikan lele yang tampil unik tersebut menjadikannya cocok ditempatkan di akuarium maupun kolam ikan hias. Ketika masih bibit dengan ukuran antara dua sampai tiga sentimeter, dibanderol dengan harga kisaran Rp 200 per ekor. Sedangkan lele warna hitam dengan ukuran sama, rata-rata Rp 60 per ekor.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Selain cocok dijadikan sebagai ikan hias, kami beberapa pembudidaya lele  sedang berusaha agar dumbo albino juga banyak dijadikan sebagai ikan konsumsi. Selain lebih gurih, kami yakini juga kandungan omega 3 – nya lebih tinggi, Adapun untuk memijahkan atau mengawinkan lele dumbo albino sama dengan lele umumnya. Pejantan dan betina yang akan dipijahkan, idealnya sudah berumur lebih dari delapan bulan. Sepasang lele siap kawin diambil dari kolam penampungan indukan. Khususnya yang betina antara lain ditandai bagian perut sudah membuncit, dan ketika diurut keluar telur warna kekuningan.

Kolam untuk pemijahan sudah disiapkan dahulu, misalnya kualitas air bagus dan bening. Sore hari sepasang lele dicampurkan dalam satu kolam, esok harinya sudah terlihat telur-telur lele. Telur telah dibuahi oleh lele jantan atau biasa disebut pembuahan di luar,

Setelah terlihat telur-telur, indukan lele baik pejantan dan betina dapat dilepas lagi di kolam penampungan indukan. Air kolam penampungan indukan sengaja dibuat tak bening, sebab kalau bening bisa terjadi pemijahan. Ketika terlalu banyak jumlah bibit yang dihasilkan akan repot dalam perawatannya . Apalagi, setelah telur menetas, tiga hari kemudian masih diberi pakan cacing sutera maupun kutu air. Seiring kemajuan teknologi, ada juga cacing sutra sudah diproses menjadi wujud layaknya jeli maupun tepung.

Setelah bibit lele  umurnya di atas tiga hari dapat diberi pakan wujud pelet. Ukuran pelet pun beragam, bahkan ketika tak menemukan mirip tepung di pasaran, dapat dihaluskan sendiri menggunakan blender. Saat bibit lele sudah berukuran dua sampai tiga sentimeter bisa dijual belikan.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.