Cara membuat kolam ikan lele Yang Benar

Cara membuat kolam ikan lele Yang Benar

Analisa Modal Bisnis Ternak Lele dari Awal Hingga Panen – Budidaya ikan lele sangat menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan. Jenis aktivitas ini bisa dikelola berdampingan. Berikut ini adalah analisis rinci tentang modal usaha ikan lele di halaman rumah untuk pemula dengan jumlah ribuan bibit lele, diantaranya:

Bibit lele

Ada dua cara untuk mendapatkan bibit lele kecil. Pertama, kawinkan lele jantan dan betina yang besar dan matang. Dari hasil perkawinan, ikan lele tersebut akan nampak sampai ribuan lele yang akan menetas menjadi ribuan ikan lele kecil. Kedua, beli bibit lele langsung dari peternak. Harga bibit ikan lele per ekor bervariasi. Tapi di desa kita harga 2 cm dengan ukuran lele sekitar Rp 300. Jika membeli bibit lele lebih banyak akan mendapatkan harga yang lebih murah. Cara kedua adalah lebih langsung pada upaya pembesaran ikan lele. Jadi, jika Anda menaikkan ekor ikan lele 1000, modal perusahaan membutuhkan 1000 x 300 = 300 ribu. Tentu saja, harga ikan lele per ekor bervariasi tergantung lokasi kawasan setempat.

Kolam

Berikutnya dalam ternak ikan lele modal usaha yang dibutuhkan adalah kolam. Ukuran ekor ikan lele 1000 ekor berukuran sekitar 4 meter x 6 meter. Kolam lele bisa dibuat dari terpal plastik yang bisa dibeli di toko terdekat sekitar Rp 600 ribu. Jika Anda memiliki kolam dari tanah dan dinding beton lebih baik. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kaleng untuk lele dari terpal bergerak dengan mudah. Lidah tambak dari tanah sangat mudah untuk dimakan.

Makanan

Pakan ikan merupakan modal paling penting bagi pengembangan ikan lele. Bagaimana cara meningkatkan keberhasilan ternak ikan lele sangkuriang dan dumbo diantaranya dengan cara teratur memberi makan ikan lele dan konsisten. Misalnya tiga kali sehari. Saat pagi, sore dan siang hari. Hanya karena telat waktu untuk memberi makan ikan lele akibatnya sangat berbahaya. Lele akan berubah menjadi kanibal mengejar satu sama lain. Jadi tidak aneh jika jumlah ikan lele berkurang bahkan hanya tinggal sedikit saat panen. Hal ini dirasakan benar oleh banyak kalangan yang telah mengalami pembiakan lele.

Jika suatu saat pakan ikan lele ludes, maka Anda tidak boleh panik. Belikan pakan itu kembali ke toko ikan di sekitar Anda. Atau jika Anda bisa secara kreatif menciptakan dan memberi makanan alternatif ikan lele yang memberi ayam, bekicot, dedak, dan dedaunan. Harga pakan lele sekitar 70.000 selama 3 bulan.

Modal usaha budidaya ikan lele sebagai pendukung antara lain harga vitamin 200.000, gaji karyawan 1.000.000, harga ember 30.000, harga gayung 10.000, pipa air 70.000, biaya tak terduga 200.000. Diperkirakan modal usaha lele kurang lebih sekitar 2000.000. Biaya modal usaha lele diatas bisa lebih atau berkurang disesuaikan dengan harga ditempat And, karena beda lokasi beda juga kisaran harganya.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Cara Mudah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele

Cara Mudah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele – Sekarang kita akan membahas tentang budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal. Sebenarnya kolam terpal ini bisa digunakan untuk budidaya ikan lainnya, seperti ikan gurame atau ikan lain yang menggunakan air tawar lainnya. Kelebihan penggunaan kolam terpal mudah dibersihkan, tidak mudah terserang hama atau penyakit, dan bisa menjadi solusi untuk daerah perairan langka. Apalagi saat Anda membuat kolam terpal untuk budidaya lele yang hanya memakan waktu sekitar 3-4 bulan mulai dari biji sampai ukuran dewasa. Selain itu, keuntungan dari budidaya ikan lele adalah kolam terpal dengan lebar 4 × 5 meter dapat menampung hingga 1000 lele lebih banyak. Ini karena ikan lele hidup berkelompok dan berkerumun. Jadi Anda bisa mendapatkan ribuan ikan lele dalam satu panen.

Membuat Kerangka

Pertama kita harus menyiapkan kerangka dulu, di mana kita akan menempelkan terpal. Terpal plastik dimasukkan. Anggap saja itu sebagai kerangka untuk kolam terpal. Katakanlah di daerah Anda memiliki banyak bambu atau kayu, maka Anda bisa membungkusnya menjadi bingkai bingkai.

Memasang Terpal

Selanjutnya yaitu mulai memasang terpal plastik, pada kerangka kolam yang telah kita buat sebelumnya.  Apabila kita menggunakan lingkaran yang memiliki bentuk yang sesuai dengan ukuran kerangka kolam, maka kita pasang terpal ke dalam rangka kolam. Budidaya ikan lele bila kita memakai terpal plastik bentuknya persegi, maka harus dijaga agar lipatan tetap rapi, karena ikan lele yang masih kecil biasanya sembunyi di sela-sela lipatan untuk menjauhi ikan yang besar, dikhawatirkan kemungkinan ada yang terlambat ketika pemberian pakan, sehingga pertumbuhannya sedikit terhambat. Dan di kolam saya miliki sering ada ikan yang mati terjepit juga di sela lipatan.

Membuat Pipa Pembuangan

Jika sudah selesai pemasangan terpal plastik kita bisa lanjut memasang pipa sebagai media pembuangan airnya yang kotor karena sisa-sisa pakan lele, kita bisa membuat pipa pembuangan ini di bagian bawah terpal, tujuannya yaitu memudahkan kita jika kita ingin menguras kolam, diameter pipa itu sendiri bisa disesuaikan dengan kondisi kolam terpal yang kita miliki. Pilihannya yaitu jika kita memakai pipa dengan diameter besar maka jumlah air yang keluar per detik akan semakin banyak dengan tekanan air yang rendah, namun semakin kecil pipa pembuangan yang kita pakai, maka tekanannya semakin tinggi dengan jumlah air yang keluar per detik semakin sedikit.

Langkahnya kita mulai dengan membuat lubang pada terpal plastik, lubangnya selebar pipa pembuangan yang akan dipakai, lalu masukkan pipa di lubang yang telah kita buat tadi. Kemudian kita tinggal menutup kembali lubang guntingan terpal plastik tersebut dengan mengikatnya menggunakan karet.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.