Perbedaan Kualitas Lele Lokal dan Dumbo

Perbedaan Kualitas Lele Lokal dan Dumbo

Ikan Lele Dumbo maupun Ikan Lele Lokal adalah produk hasil perikanan yang dalam beberapa tahun terakhir ini sangat meningkat dan cukup signifikan kira-kira 175.000 ton per tahun secara nasional. Departemen Kelautan dan Perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan melakukan budidaya ikan lele.

Untuk Meningkatkan nilai tambah komoditas ikan lele masyarakat dapat mengolah ikan lele menjadi abon ikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ikan lele dumbo dengan ikan lele lokal dari segi warna, aroma, tekstur dan rasa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan memberikan lembar penilaian yang dibagikan kepada panelis yang akan menilai perbedaan rasa, warna,aroma dan tekstur dari ikan lele dumbo dan ikan lele lokal.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Hasil penelitian yang diperoleh adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata antara warna abon ikan lele dumbo dengan lele lokal, warna yang baik adalah coklat tua. Tidak terdapat perbedaan aroma yang nyata antara aroma abon ikan lele dumbo dengan ikan lokal, aroma abon ikan yang baik adalah gurih dan harum. Tidak terdapat perbedaan yang nyata antara rasa abon ikan lele dumbo dengan ikan lele lokal, rasa abon ikan yang baik adalah sedikit manis dan gurih. Tidak terdapat perbedaan tekstur yang nyata antara abon ikan lele dumbo dengan ikan lele lokal, tekstur abon ikan yang baik adalah gembur dan kering.Secara umum dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas dalam hal warna,aroma, rasa dan tekstur antara abon ikan lele dumbo dengan abon ikan lele lokal.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.