12 Jenis Ikan Hias Lele Paling Dicari

12 Jenis Ikan Hias Lele Paling Dicari

Ciri khas ikan hias satu ini adalah sifatnya yang predator dan mempunyai kumis. Umumnya ikan ini omnivora alias bisa makan apa saja.

1. Ikan lele albino

Ikan lele ini berwarna putih polos dan punya kumis panjang. Disebut juga albino catfish, ikan ini mempunyai bentuk dan kebiasaan yang sama dengan ikan lele dumbo yang biasa diternak.

Warna putih ikan ini membuatnya kurang populer di mata tukang pecel lele namun sangat populer di kalangan komunitas ikan hias.

Tidak semua warna lela albino putih mulus, ada juga yang bulatan bulatan hitam tidak teratur di tubuhnya tetapi mayoritas tetap hitam.

2. Ikan lele Pictus

Lele pictus berbentuk seperti macan tutul.  Ikan ini sangat bagus untuk dipelihara baik di aquarium maupun di kolam.

Pictus catfish bisa berumur sampai 8 tahun dan mempunyai ukuran sampai 5 inchi atau alias sekitar 14cm.

Tenang saja ikan predator  ini termasuk jenis omnivora. Artinya ikan ini bisa memakan segala jenis pakan lele, baik ikan kecil lainnya, tumbuhan, lumut maupun pelet.

Webinar Budidaya Ikan Lele

3.  Ikan lele ekor merah amazon alias RTC

Lele ekor merah amazon disebut juga red tail catfish alias RTC.

Bentuk khas ikan lele RTC seperti berikut :

  • Warna ekor merah
  • Sirip atas belakangnya merah.
  • Punggungnya hitam
  • Perut berwarna putih ada warna hitamnya

Ikan lele ini banyak digemari penyuka predator.  Saat panjangnya 20 cm, ikan ini bisa memakan 3-5 ikan mas 2,5cm per hari. Hewan garang ini masuknya omnivora, selain makan daging dia bisa makan tumbuhan maupun pelet.

Tahukah anda bahwa ikan lele ekor merah amazon ini bisa berumur 20 tahun dan menurut wikipedia bisa mencapai 1,8 meter dan berat 80 kg.

Saat masih berukuran wajar, ikan lele RTC ini sangat bagus ditaruh di kolam maupun aquarium.

4. Ikan Lele hias  kuning

Lele kuning atau yellow catfish atau disebut juga Horabagrus brachysoma adalah ikan hias predator yang warnanya hijau agak kekuningan.

Ikan ini diprediksi bisa mencapai  45 cm. Saat masih kecil, ikan predator ini sangat cocok untuk menghiasi kolam dan aquarium anda.

Predator ini termasuk omnivora. Di habitat aslinya, saat kecil dia makan tumbuhan kecil, plankton, dan mollusca.  Saat dewasa dia bisa memakan serangga bahkan katak.

Apakah ikan lele kuning bisa dimakan? Iya, di India ikan ini di ternak untuk dimakan.

5. Glass Catfish

Glass catfish disebut juga ghost catfish atau phantom catfish.

Ikan ini tergolong predator jinak, Meski demikian anda tidak boleh membuatnya telat makan agar sifat kanibal catfish tidak muncul.

Tubuhnya sangat mungil. di Usia dewasa, dia hanya bisa tumbuh maksimal di sekitar 8 cm sehingga sangat cocok di aquarium maupun kolam ikan baik saat kecil maupun dewasa.

Penjual ikan umumnya menaruh ikan ini di aquarium.

6. Driftwood Catfish

Ikan lele satu ini termasuk yang jinak. Umumnya berwarna belang-belang hitam dan putih. Sekilas mirip sapi perah ya?

Daerah aslinya ada di panama dan argentina sana. Ikan lele ini banyak digunakan untuk aquarium dan kolam. Alasannya sederhana : makanannya simpel dan tubuhnya paling panjang 3 – 59cm, bervariasi tergantung jenisnya.

7. Striped Raphael Catfish

Stripped artinya bergaris. sesuai namanya ikan ini bergaris, hitam dan putih. Garis Yang melintang dari ujung ekor ke kepala. Susunan atas putihnya dari atas ke bawah ya, bukan dari depan ke belakang.Ikan lele hias ini dikenal dengan nama platydoras atau stripped saja.

Panjang maksimalnya hanya sekitar 24 cm. Masih sangat cocok untuk aquarium maupun kolam. Saat masih kecil, sekitar 3 cm, ikan ini pun sangat cantik. Selain itu, ikan lele ini tidak seagresif lele lokal seperti dumbo.

8. Corydora catfish

Ikan lele corydoras atau biasa disebut ikan lele cory saja adalah salah satu jenis lele hias paling diminati pecinta aquarium.

Ada banyak tipe ikan lele cory. Tetapi yang terkenal berwarna silver.ukurannya bisa tetap di sekitar 2 cm. Ikan ini sangat menyukai lingkungan air yang ada tanaman hidupnya.

Di alam aslinya, ikan lele cory biasa makan daging ikan mati. Di aquarium anda bisa memperlakukan hal yang sama.

9. Otocinclus Catfish

Biasa disebut ikan otocinclus atau lele octoniclus.  Ikan ini kecil seperti ikan cory tetapi bentuknya beda. lebih banyak garis dan kombinasi.

Panjang ikan ini umumnya kecil. Hanya 2,4 – 5 cm saat dewasa. Cocok deh di aquarium

10.  Bumblebee catfish

Saat mencari ikan laut yang berwarna warni, jawabannya tentu saja ikan bumblebee ini. Ikan ini bercorak hijau, hitam, dan kuning dalam satu tubuh.

Kalau ikan stripped bergaris dari atas ke bawah maka ikan bumblebee ini bergaris dari depan ke belakang.

Ikan bumblebee termasuk ikan laut. Sangat cocok jika dipadukan dengan tanaman hidup dan batu hias.

11. Upside Down Catfish

Ingin memelihara ikan yang tampilannya garang tetapi sebenarnya jinak. Jawabannya adalah upside down catfish.

 Bentuknya garang seperti monster dan ukurannya kecil, sekitar 4 cm alias sekitar 1 meter

12. Asian Stone Catfish

Ingin punya ikan yang bentuk dan warnanya seperti batu kerikil. Carilah ikan yang Namanya Asian Stone catfish. Sayangnya ikan ini cukup mahal untuk penghobi pemula.

Nah itu tadi jenis-jenis lele hias catfish pilihan kami.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.