Budidaya Lele Lebih Mantap Dengan EM4

Budidaya Lele Lebih Mantap Dengan EM4

Budidaya lele memang paling mudah dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya seperti Mujair, gurame dan lainnya, namun dengan teknologi EM4 lebih mantap lagi.

Budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang cukup  diperhitungkan saat ini. Apabila diperhatikan, banyak terdapat  penjual pecel lele yang memerlukan pasokan ikan lele setiap harinya, hal inilah yang membuat permintaan  ikan tersebut menjadi semakin tinggi dipasaran dan membuka potensi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Apalagi ternak lele relatif  lebih mudah bila dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mas, mujair atau gurame karena lebih tahan terhadap penyakit maupun kondisi lingkungan.

Adalah Dumari (48) tahun dari Desa Tepus Wetan, Surodadi, Megelang Jawa Tengah yang sudah 3 tahun menggeluti usaha bdidaya ikan lele di samping pekerjaan rutinnya sebagai petani.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Untuk menjaga kualitas air agar selalu dalam keadaan yang optimal, pemberian pupuk bokashi yang di fermentasi dengan EM4 sangat diperlukan. Karena bokashi mengandung unsur-unsur mineral penting, lemak, protein, karbohidrat dan asam humat mampu menumbuhkan dan menyuburkan pakan alami yang berupa plankton dan jenis cacing-cacingan, menetralkan senyawa beracun dan menciptakan ekosistem kolam yang seimbang. Perlakuan bokashi dilakukan pada saat oleh lahan dengan cara dilarutkan dan disiramkan pada permukaan tanah kolam serta pada waktu pemasukan air baru atau sekurang-kurangnya setiap 10 hari sekali.

Dengan Keuntungan lain menggunakan teknologi EM4 yang dialami Hasan adalah, meningkatkan daya tahan dan kesehatan ikan, memfermentasikan sisa pakan serta dapat membuat pakan alami bagi ikan. Pada zat-zat berbahaya yang terdapat pada dasar kolam, Em perikanan dapat menguraikan gas amonia, metana dan hidrogen sulfida sehingga tidak berbahaya.

EM4 juga mampu meningkatkan oksigen terlarut (DO) sehingga air menjadi bersih dan tidak diperlukan penggantian berulang-ulang karena  kualitas air tetap terjaga serta aman bagi lingkungan.

Untuk mendongkrak produksi ikan lele,  syaratnya air harus bagus dan terhindar dari pencemaran. Sementara mengatasi pencemaran air sendiri kuncinya hanya dengan teknologi EM4.

Pemberian EM4 cair juga sangat diperlukan karena kemerosotan kualitas air sering dihadapi para peternak. Limbah-limbah tersebut akan menimbulkan gas-gas beracun yang menyebabkan terjangkitnya penyakit ikan karena mengalami stress. Limbah tersebut juga mengakibatkan produksi akan merosot dan menimbulkan kematian. Karena dengan aplikasi EM4, kini peternak  mantap memakai teknologi ini. ‘’Mudah-mudahan produksi kali ini lebih meningkat,’’kata Dumari yang sudah satu tahun ini menggunakan EM4.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.