Tips Rahasia Tentang Terpal Kolam Ikan

Tips Rahasia Tentang Terpal Kolam Ikan

Kelebihan Menggunakan Terpal Kolam Ikan untuk Budidaya

Terpal kolam ikan yang siap pakai dikembangkan lagi hingga menjadi lebih modern dengan berbagai peralatan mesin canggih serta tenaga ahli terlatih. Kolam ikan ini pun bisa dibongkar dan dipasang dengan mudah sehingga kita bisa menggunakannya ketika dibutuhkan. Beberapa kolam terpal juga sudah dilengkapi lubang pembuangan untuk membuang sisa-sisa kotoran ikan agar kualitas air terjaga kebersihannya. Penggunaan yang mudah membuat siapa saja langsung bisa menggunakan.

Kolam ikan yang berbentuk persegi ataupun bundar tidak perlu lagi membentuknya, karena kita tinggal pasang terpal. Mudahnya bongkar pasang yang dilakukan, membuat para pemula tidak perlu khawatir dalam menjalankan bisnis ini di lahan yang sempit. Selain itu, terdapat mata ikan atau kancing-kancing yang berguna sebagai pengikat terpal sebagai kerangkanya. Serat terpal yang begitu tebal membuatnya memiliki mutu yang tinggi. Kolam terpal ini di-packaging dengan rapi sehingga bisa dikirimkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Kolam terpal yang berbentuk kotak biasanya sudah siap pakai, meskipun ada juga yang dijual tanpa rangka sehingga Anda harus bisa merangkainya terlebih dahulu. Umumnya, kerangka kolam terpal ini bisa terbuat dari baja ringan, batang pohon, pipa besi, kayu kaso, batu bata, besi siku, bambu dan lain sebagainya. Kerangka ini juga berguna untuk menahan volume air dengan kokoh agar tidak terjadi kebocoran.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Banyaknya peternak ikan yang menggunakan kolam terpal membuktikan bahwa media ini akan memberikan keuntungan besar, yaitu:

  • Hemat biaya

Bahan yang mudah dijumpai dan tidak begitu tebal membuat harganya juga lebih terjangkau. Terlebih dengan kita yang bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Kolam terpal dijual dalam variasi diameter yang cukup banyak sehingga kita bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Oleh karena itu, media ini cocok bagi para pemula yang belum memiliki banyak modal.

  • Mudah dibongkar pasang

Kolam terpal dijual dalam dua kategori, yaitu yang sudah siap atau perlu dilakukan pemasangan. Apapun kategorinya, ternyata kolam terpal ini masih bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Jadi, ketika cuaca dan kondisi tidak mendukung, Anda bisa membongkar dan menyimpan kolam tersebut. Baru setelah kondisi meyakinkan, Anda bisa memasang dan menggunakannya kembali.

  • Sesuai dengan iklim Indonesia yang kering

Beberapa kawasan di Indonesia sering mengalami kekurangan air atau bahkan kondisi tanah yang kering sehingga sulit untuk dibuat kolam ikan. Untuk itu, dengan adanya kolam terpal, kita tidak perlu khawatir meskipun sedang musim kemarau atau panas.

  • Mendukung lahan gambut

Salah satu ciri khas dari lahan gambut adalah memiliki pH yang kecil atau ringan. Padahal, sebagian besar ikan bisa hidup dalam kondisi asam netral atau pH netral sehingga penggunaan terpal ini bisa mendukung lahan gambut untuk bisa lebih stabil.

  • Sebagai pelapis kolam semen

Kolam yang terbuat dari semen biasanya lebih mudah bocor. Untuk bisa mencegah atau mengantisipasinya, maka Anda bisa menggunakan sebagai pelapis kolam semen agar tidak mengalami kebocoran.

  • Sebagai bahan uji coba

Sebagai pemula, terkadang penting untuk melakukan uji coba sebelum terjun langsung ke bidang tersebut. Lokasi, air dan kondisi lainnya membuat kita tidak tahu bagaimana prospek budidaya ikan di tempat tersebut ataupun keuntungan yang akan didapat. Oleh karena itu, dibutuhkan uji coba terlebih dulu dengan biaya yang cukup terjangkau.

Berbagai keuntungan di atas, akan Anda dapatkan setelah menemukan distributor terpal kolam ikan terpercaya dan berpengalaman.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.