Cara Menghilangkan Amoniak pada Kolam

Cara Menghilangkan Amoniak pada Kolam

Pengusaha kolam terpal pasti pernah bahkan seringkali mengalami bau pada kolam terpal yang menyengat di hidung. sebenarnya hal ini merupakan hal yang wajar jika mengalami bau menyengat. Apalagi pengusaha kolam yang sudah besar pasti memiliki kolam yang banyak lebih dari 5.

Salah satu alasan kenapa kolam terpal menimbulkan bau bahkan sampai menyengat dikarenakan waktu yang terlalu lama dalam mengganti air pada kolam dan juga karena memberi pakan pada ikan lele yang berlebihan kemudian terdapat limbah sisa pakan.

Bau pada kolam bisa juga karena dikolam anda banyak ikan yang mati setelah itu membusuk di kolam tempat ikan tersebut tinggal. Kejadian ini sangat tidak baik pada perkembangan ikan lele.

Webinar Budidaya Ikan Lele

4 Penyebab Bau Pada Air Kolam

  • Air dari fermentasi probiotik pada kolam yang gagal dapat menyebabkan mikro organisme (Zooplankton, Fitoplankton) mati.
  • Pemberian pakan pada ikan yang berlebihan (sisa pakan pada ikan yang berlebihan kemudian tidak termakan dapat timbul zat amonia, nitrit, nitrat.
  • Terdapat bangkai ikan yang mati dan tidak segera dibersihkan (karena bangkai ikan yang berada di kolam dapat membusuk dan membuat bau di dalam kolam).
  • Memberikan pakan pada ikan yang masih berupa mentah tanpa dimasak dahulu.

Kemudian bagaimana cara menghilangkan bau pada kolam ? Tenang, Kami akan memberikan tips bagaimana cara membersihkan kolam budidaya lele anda, sebagai berikut:

  • Mengganti air kolam

Jangan malas untuk mengganti air kolam apalagi menunggu sangat kotor dan bau, baru anda mengganti air kolam tersebut. Karena dapat mengganggu perkembangan ikan lele yang sedang anda budidayakan.

Akibatnya akan timbul Zat Amonia, Nitrat, Nitrit dari sisa pakan ikan yang berlebihan. Rutin mengganti air kolam anda, biasanya ketika sudah timbul bau dan warna air berubah itu pertanda untuk mengganti air kolam anda.

  • Memberikan pakan secukupnya

Masalah ini sering terjadi pada pengusaha budidaya karena sering memberi makan ikan lele tidak dengan porsi yang cocok atau yang dibutuhkan. Sebagai contoh Anda langsung memberi pakan pada ikan lele dengan porsi yang cukup besar di pagi hari karena siang hari anda sangat sibuk dan tidak ada waktu kosong untuk memberikan pakan ikan. Itu merupakan salah satu kesalahan pada pemberian pakan dan menyebabkan bau pada kolam karena timbul zat yang berbahaya. Kami mempunyai informasi tambahan pada langkah ini, jangan sampai pakan ikan lele anda terlambat atau kehabisan karena lele dapat bersifat kanibalisme yang mana akan memangsa lele lain.

  • Rutin membersihkan bangkai ikan

Langkah ini juga sangat penting karena pengusaha budidaya juga sering melupakan bagian kedua untuk “rutin membersihkan bangkai ikan”.

Bagian pertama adalah “Memberikan pakan ikan secukupnya”. Apabila didalam kolam anda terdapat bangkai ikan segeralah anda bersihkan karena dapat mengganggu perkembangan budidaya ikan anda. Kebanyakan ikan yang mati pada saat berumur 10-30 hari. Dan juga agar menghindari bakteri jahat untuk berkembang dan menyebar di kolam dan menimbulkan bau menyengat.

  • Memasak pakan ikan lele

Memberi pakan lele dengan secukupnya sangat baik untuk perkembangannya, tetapi jangan lupa sebelum memberikannya pakan sebaiknya dimasak dahulu. Kenapa? karena untuk menghindari bau dan mengotori kolam. Karena memasak pakan lele (selain pelet) dapat menambah protein pada pakannya.

Untuk pakan lele yang telah berukuran 10 cm sebaiknya dimasak (dibakar atau dimasak) karena protein yang terkandung sangat penting untuk lele pada ukuran tersebut.

  • Menambahkan Tanaman

Langkah ini sangat efisien bahkan terbukti membuat ikan hidup sehat dan sejahtera. Tanaman yang lebih baik adalah pohon pisang. Pisang yang digunakan adalah Batang atau bonggol pisang karena getah yang keluar dari batang pisang dapat menurunkan pH kolam yang kandungannya aktif (Saponan, Alkaloid, tanin, dan polifenol) dengan dosis 30kg.

Cara memberikannya dengan cara dicacah dengan ukurang 1-2 cm lalu ditebarkan di kolam, dan juga dapat memberikan pakan alami untuk ikan lele karena akan tumbuh jasad renik atau cacing (dengan cacahan agak besar). Atau anda juga dapat menggunakan tanaman lain sebagai bahan herbal, tetapi kami biasanya menggunakan pisang karena teman sudah menggunakan bahan herbal tersebut.

Itulah langkah atau tips untuk mengatasi masalah yang mungkin anda alami tetapi bingung bagaimana cara mengatasinya. Jangan lupa langkah ini sangat penting untuk anda karena kehidupan ikan yang sehat akan menimbulkan budidaya yang baik dan sehat.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.