Untung dan Rugi Ternak Lele Dalam Drum

Untung dan Rugi Ternak Lele Dalam Drum

Kegiatan beternak lele umumnya dilakukan oleh peternak yang memiliki lahan luas untuk membuat kolam konvensional. Namun sekarang anda tidak perlu khawatir karena saat sudah terdapat perkembangan ilmu beternak ikan lele di lahan yang sempit. Untuk anda yang memiliki keinginan untuk beternak ikan lele di lahan terbatas, kini anda bisa mencoba menggunakan metode ternak lele dalam drum plastik.

Drum plastik yang biasa digunakan adalah drum plastik yang berwarna biru yang biasa digunakan di industri-industri untuk menyimpan bahan baku. Selain budidaya ikan lele di dalam ember atau drum plastik, budidaya ikan nila dalam drum plastik juga bisa dilakukan. Atau bisa juga budidaya ikan gurame di dalam kolam drum. Namun kali ini kita akan membahas mengenai budidaya ikan lele di kolam drum plastik. Sebelumnya, kenali dulu yuk keunggulan dan kelemahan dari beternak lele menggunakan kolam drum plastik.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Keunggulan Ternak Lele Menggunakan Kolam Drum Plastik

  1. Bisa di aplikasikan di lahan sempit
    Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari penggunaan drum plastik ini adalah mengenai tempat. Dimana kolam drum plastik bersifat portable jadi tidak masalah jika pembudidayaan dilakukan di tempat yang kurang luas sekalipun.
  2. Hemat waktu
    Dibandingkan dengan kolam tanah atau kolam beton yang harus melakukan penggalian terlebih dahulu, maka pembuatan kolam drum ini lebih hemat waktu. Karena kita hanya perlu membeli drum plastik kemudian memotong bagian atasnya menggunakan gergaji atau alat bakar las.
  3. Proses panen lebih mudah
    Proses panen ikan lele di dalam kolam drum plastik lebih mudah dilakukan daripada panen ikan lele di kolam. Anda bisa menyurutkan air di dalam drum terlebih dahulu kemudian gunakan serok atau jaring. Gunakan serok atau jaring panen dengan hati-hati agar tidak melukai ikan lele.

Kelemahan Ternak Lele Menggunakan Kolam Drum Plastik

  1. Lebih sulit mengontrol kualitas air
    Saat beternak ikan lele dengan kolam drum, anda harus selalu memastikan agar kualitas air di kolam tetap bagus. Karena jika kualitas air kurang baik akan menyebabkan lele menjadi mati.
  2. Risiko kematian ikan tinggi
    Selain karena kualitas air yang lebih sulit untuk dikontrol, pengaruh tingkat kepadatan kolam yang tinggi juga bisa menyebabkan lele menjadi banyak yang mati. Maka dari itu, jangan sampai terlalu banyak memasukkan bibit lele agar nantinya tidak kekurangan oksigen. Untuk satu ukuran drum plastik besar, sebaiknya diisi maksimal 200 ekor bibit ikan lele.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.