Ternak Ikan Lele Bagi Pemula Yang Benar

Ternak Ikan Lele Bagi Pemula Yang Benar

Usaha ternak ikan lele adalah salah satu mata pencaharian yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat desa. Melihat pada permintaan pasar saat ini yang semakin besar terhadap ikan dengan jenis air tawar. Maka usaha tersebut memang memiliki peluang yang besar untuk dijadikan sebagai mata pencaharian.

Budidaya ikan ini sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan jenis ikan lain seperti patin, gurame dan ikan air tawar lainya. Hal ini juga membuat  masyarakat lebih meminati usaha ternak ikan yang satu ini.

Keuntungan ternak lele ini cukup banyak. Apalagi jika ternak ikan lele ini dilakukan di dalam kolam maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. Peluang usaha ini juga semakin besar karena saat ini banyak perusahaan yang menyajikan berbagai makanan dengan bahan pokok ikan tersebut.

Apalagi jika anda bisa melakukan ternak ikan dengan mengolahnya menjadi berbagai makanan. Seperti pecel lele, kerupuk lele, dendeng lele dan berbagai makanan olahan lainya. Hal tersebut tentu akan menambah  pemasukan anda dengan cepat.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

  1. Cara Beternak Lele Dengan Cepat Dengan Menggunakan Metode Modern

Pada dasarnya, setiap petani lele bisa menggunakan berbagai cara untuk menjalankan usahanya. Untuk ternak lele pemula bisa menggunakan cara yang paling sederhana atau dengan menggunakan cara tradisional.

Tetapi jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak bisa menggunakan cara yang modern. Cara tersebut akan memberikan hasil panen yang berkali lipat dari pada menggunakan cara yang lama.

Dengan adanya inovasi tersebut maka  sebagian peternak lele akan merubah budidaya lele dari sistem yang lama kepada sistem yang modern dengan menggunakan resirkulasi.

Ikan lele ini digolongkan dalam famili catfish yang  memiliki banyak jenis juga ragamnya. Seperti ikan lele lokal,  lele dumbo, lele biasa, lele sangkuriang dan lain sebagainya.

Untuk ternak lele sangkuriang dengan cara ternak lainya memiliki cara ternak yang sedikit berbeda. Tetapi biasanya metode yang digunakan adalah berternak lele dengan menggunakan kolam terpal. Model tersebut relatif lebih mudah dan murah untuk digunakan sehingga tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam proses pengoperasianya. Bahkan usaha tersebut dapat dijalankan pada lahan yang sempit dengan hasil yang maksimal.

Keuntungan Menggunakan Cara Modern

Budidaya ikan dengan cara modern ini akan memberikan hasil panen yang lebih cepat sehingga banyak diminati oleh peternak lele di manapun. Cara ini dinilai sebagai cara yang lebih cepat untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai masalah akan teratasi seperti lahan yang sempit, sulitnya pasokan air, dan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Untuk budidaya ikan bioflok harus dimulai dengan memilih jenis ikan lele yang mudah dan juga pemeliharaan yang mudah cepat. Selain itu dalam proses pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan lele dumbo. Jenis ikan ini bisa berkembang dengan baik dan hidup normal dalam kolam meskipun keadaan airnya kotor dan juga bau.

Untuk melakukan ternak ikan lele ini memiliki dua jenis cara budidaya ikan lele baik secara modern maupun tradisional. Yang pertama adalah usaha ternak lele bagi konsumsi anda bisa memutuskan untuk melakukan budidaya ikan secara mudah.

Anda hanya perlu membeli ikan lele dalam jumlah tertentu dan juga ukuran tertentu. Selanjutnya anda hanya perlu membesarkanku hingga mencapai ukuran dan berat yang diinginkan. Selanjutnya, anda bisa menjualnya ke masyarakat secara satuan ataupun kiloan.

Jika anda memilih bisnis ternak ikan dengan pembibitan, harus diawali dengan pemijahan hingga dapat menghasilkan telur. Setelah telur tersebut menetas akan berbentuk bibit-bibit lele dumbo dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa menjual lele tersebut dalam jumlah bibit atau pembesaran lele tersebut untuk dijual dalam bentuk lele siap konsumsi. Perlu anda ketahui cara budidaya ikan di dalam kolam  tanah juga bisa digunakan untuk melakukan proses pembibitan atau peternakan.

Kedua model ternak tersebut sama-sama akan memberikan keuntungan yang menjanjikan sehingga anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda. Karena kebutuhan akan ikan lele ini semakin banyak baik di desa atau perkotaan. Maka anda bisa menjadikan usaha tersebut sebagai usaha anda. Kuliner lele ini sangat digemari dari berbagai segi karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih dengan daging yang lezat.

2. Cara Beternak Lele Dalam Kolam Terpal

Untuk membuat kolam ikan dari terpal plastik dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah ikan lele. Biasanya ukuran kolam  tersebut adalah 2 meter x 0,6 meter untuk setiap 100 ekor ikan lele.

Ikan lele tersebut dapat berukuran lima hingga tujuh centimeter. Untuk membuat kolam lele dari terpal ini terdapat dua cara. Yaitu dengan menggali tanah hingga seperti kolam kemudian pasanglah terpal di dalamnya.

Setelah itu, pasanglah kerangka terpal bisa menggunakan kayu atau bambu kemudian pasanglah pada kolam terpal.

Selanjutnya pastikan bahwa air dalam kolam tersebut tercukupi, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Untuk lebih memaksimalkan proses pembibitan, anda bisa menyediakan rumpon tumbuhan sebagai tempat bersembunyi ikan lele tersebut.

Untuk pemberian makanan nya, anda bisa memberikan pelet yang didapatkan dari toko pakan ikan terdekat. Pemberian pakan ini juga harus diberikan secara tepat waktu dan teratur sebanyak dua kali sehari.

Anda juga bisa memberikan lebih dari dua kali tapi dengan pemberian pakan yang sedikit. Untuk lebih maksimal anda bisa memberikan  makanan alami. Seperti kerang, bekicot, dan lain sebagainya untuk mendukung pertumbuhan ikan lele dengan optimal.

Perlu anda ketahui pula bahwa ikan lele ini memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pertumbuhan cepat dan ada pula yang lambat. Dengan begitu anda harus membedakan antara lele yang memiliki ukuran besar dan ukuran kecil.

Hal ini bertujuan agar ikan lele mendapatkan pasokan makan yang sama. Jika ikan yang berukuran besar dan kecil ini bercampur. Maka ikan lele yang berukuran kecil akan sulit dalam bersaing untuk mendapatkan makanan  dengan lele yang berukuran lebih besar.

Cara Pembesaran Lele Dengan Cara Modern

seiring  dengan perkembangan zaman, saat ini telah terdapat inovasi dalam proses pembibitan ikan lele. Hal tersebut tentu memberikan kabar yang baik bagi perkembangan peternakan lele di negara kita.

Dengan cara yang lebih modern maka usaha ini akan lebih maju dan dalam prosesnya  tidak jorok dan kotor lagi. Anda juga bisa melakukan budidaya ikan lele dari ruangan dengan untung yang lebih besar.

Dengan kualitas yang sama dan hasil yang berlipat maka akan semakin menjadikan bisnis ini memiliki nilai yang lebih menjanjikan.

Dalam proses pemasaran, lele ini juga cukup mudah dengan pamor lele yang semakin naik kelas. Jika pada zaman dahulu ikan lele masih dianggap biasa, saat ini ikan lele sudah banyak digemari oleh masyarakat.

Menu makanan dari lele ini hampir tersedia di berbagai tempat makan mulai dari angkringan, pedagang warung pinggiran hingga di restoran-restoran ternama. Usaha ini bisa anda jadikan sebagai usaha untuk menjadikan keuangan anda menjadi lebih baik lagi.

Dengan usaha sendiri, laba yang dihasilkan bisa anda manfaatkan sebagaimana mestinya.

Jika anda memilih untuk beternak lele dengan menggunakan cara modern, maka bisa menggunakan inovasi pakan lele yang organik. Makan itu bisa berupa maggot black soldier fly karena bisa mendorong perkembangan lele dengan lebih maksimal.

Dengan menggunakan sistem pemberian makan tersebut, bisa digunakan untuk menghemat biaya pengeluaran dalam bidang makanan. Bahkan penurunan tersebut dapat mencapai 61 persen.

Selain itu, dengan menggunakan makanan tersebut, anda hanya perlu memberikan makanan dengan porsi 10 persen dari pemberian makan seperti biasanya.

Beberapa cara tersebut adalah  budidaya ikan lele yang bisa anda lakukan dengan cara  modern. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk proses budidaya ikan ini. Hanya saja anda bisa memilih  satu cara untuk melakukan budidaya ikan lele yag anda sukai. Anda bisa mempelajari berbagai cara untuk  budidaya ikan lele ini dengan membaca buku, artikel dan lain sebagainya.

Keuntungan Usaha Ternak Lele

Ada berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melakukan budidaya ikan lele ini sebagai usaha anda. Selain karena keuntungan budidaya ikan lele caranya yang mudah dengan kebutuhan pasar yang semakin meningkat ini akan menjadi peluang untuk anda.

Lele ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan hanya perlu melakukan perawatan secara sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Budidaya ikan lele juga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk melakukan usaha. Hanya dengan lahan yang sempit anda bisa membuka usaha secara modern maupun tradisional sesuai dengan minat anda.

Peluang Usaha Ikan Lele

Selanjutnya masa panen lele ini tidak membutuhkan waktu yang lama sejak berukuran benih hingga lele siap untuk dipasarkan. Lele tersebut bisa dipanen dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sehingga anda lebih cepat untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, dengan pangsa pasar yang sangat luas dan persaingan yang belum begitu ketat, bisnis ini semakin memungkinkan untuk dilakukan.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pesanan dari konsumen yang berasal dari berbagai kalangan. Bahkan dengan banyaknya pelanggan dari restoran besar ini akan memberikan banyak keuntungan untuk anda.

Beberapa cata diatas adalah cara yang bisa digunakan untuk berbudidaya ikan lele dengan cara yang mudah. Dengan begitu budidaya ikan bisa dijadikan untuk peluang usaha yang menjanjikan dan memperbaiki perekonomian masyarakat.

Bahkan jika budidaya ikan anda dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa memberikan peluang usaha untuk orang-orang sekitar anda yang belum mendapatkan pekerjaan. Usaha ini juga dapat berkembang pesat sesuai dengan potensi dan kreatifias anda dalam megembangkan usaha tersebut.

Semakin kreatif anda dalam mengembangkan usaha tersebut maka semakin banyak keuntungan yang akan anda dapatkan. Untuk memperlebar usaha anda, anda bisa mengolah langsung lele anda menjadi makanan siap saji sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke wilayah tertentu.

Anda bisa menjadikan berbagai produk makanan andalan baru  sehingga  masyarakat tidak jenuh dengan olahan lele yang begitu-begitu saja. Cara tersebut juga dapat memberikan lapangan pekerjaan yang lebih luas untuk masyarakat sekitar. Sehingga selain mendapatkan keuntungan usaha, anda juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Nah tunggu apalagi? Segera membuka peternakan ikan lele ini dan dapatkan berbagai keuntungan yang berlimpah. Semoga cara ternak lele tersebut dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.