5 Jenis Ikan Lele Hias Paling Populer

5 Jenis Ikan Lele Hias Paling Populer

Bosan dengan jenis ikan hias yang biasa? Berikut adalah 5 jenis ikan lele hias paling populer yang bisa kalian pelihara di rumah.

Ikan lele atau yang juga dikenal dengan nama catfish ternyata juga terdapat jenis hias yang tak kalah cantik dengan ikan hias lain. Ada berbagai jenis spesies yang membuat ikan lele ini memiliki rupa dan warna beragam. Bosan dengan pilihan ikan hias yang itu-itu saja? Coba lihat 5 jenis ikan lele hias paling populer berikut ini yang dapat kalian pelihara di rumah.

1. Driftwood Catfish

Bosan dengan jenis ikan hias yang biasa? Berikut adalah 5 jenis ikan lele hias paling populer yang bisa kalian pelihara di rumah.

Ikan lele atau yang juga dikenal dengan nama catfish ternyata juga terdapat jenis hias yang tak kalah cantik dengan ikan hias lain. Ada berbagai jenis spesies yang membuat ikan lele ini memiliki rupa dan warna beragam.

Bosan dengan pilihan ikan hias yang itu-itu saja? Coba lihat 5 jenis ikan lele hias paling populer berikut ini yang dapat kalian pelihara di rumah.

1. Driftwood Catfish

Jenis ikan lele yang tergabung dalam famili Auchenipter idae ini memiliki corak tubuh unik seperti kayu. Tubuh dan siripnya berwarna coklat.

Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 59 cm. Cukup kecil bila dibandingkan dengan ikan lele jenis lainnya. Driftwood Catfish termasuk hewan nokturnal sehingga mereka terbiasa mencari mangsa di malam hari. Mereka adalah sejenis omnivora. Ikan kecil, udang, serangga, hingga ganggang adalah makanan mereka ketika berada di alam liar.

2. Pictus Catfish

Pictus Catfish menjadi favorit di kalangan para pemburu ikan hias, tepatnya ikan hias air tawar. Tubuh ikan ini memiliki warna silver yang menawan dengan corak berwarna hitam. Terdapat juga kumis sepanjang tubuhnya sendiri yang memberikan kesan sangar.

Ikan hias lele kecil ini hanya dapat tumbuh hingga 12 cm ketika dewasa, sangat cocok untuk dipelihara di akuarium bervolume 250 — 300 liter. Bila ingin merawatnya sejak kecil, pastikan kalian merawat bersama kawanannya sekitar 4 sampai 5 ekor ikan dalam satu akuarium. Ikan hias jenis ini cukup agresif dan akan semakin agresif ketika dewasa. Terkadang, lele hias suka memakan ikan yang lebih kecil. Jadi, kalian harus berhati-hati bila ingin mencampurkan ikan ini dengan jenis ikan hias lainnya.

3. Striped Raphael Catfish

Berbeda dengan ikan hias sebelumnya, ikan lele jenis ini justru lebih lembut dan tidak agresif. Kalian tidak perlu khawatir bila ingin mencampurkannya dengan jenis ikan lain dalam satu akuarium. Namun, pastikan ada substrat berpasir di akuarium karena mereka suka menggali-gali.

Tidak hanya tingkah yang kalem, jenis ikan ini juga banyak disukai karena memiliki corak yang indah. Ikan hias lele belang ini berwarna kuning pucat dengan garis horizontal berwarna hitam yang membentang dari mulut hingga ujung ekor. Terdapat juga duri-duri pelindung kecil pada tubuh ikan ini yang membuat mereka semakin terlihat eksotis. Mereka adalah kelompok omnivora sehingga kalian tidak mengkhawatirkan makanannya. Mereka bisa makan berbagai jenis cacing hingga pelet.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

4. Glass Catfish

Ikan lele jenis ini sangatlah menarik dengan tubuhnya yang transparan seperti kaca. Banyak yang menyebutnya sebagai Ghost Catfish, karena bentuknya terlihat seperti rangka tulang ikan yang berenang di aliran air. Ikan hias lele aquarium ini dapat dipelihara di rumah, tetapi pastikan akuarium kalian memiliki banyak sudut dan celah untuk bersembunyi. Ikan ini menyukai lingkungan yang gelap dan sifatnya juga sedikit tertutup.

Kalian harus mempersiapkan paling sedikit 5 ekor Glass Catfish agar mereka tidak stres akibat merasa sendirian. Kalian bisa memberikan mereka pelet atau cacing darah sebagai makanannya.

5. Electric Catfish

Sesuai dengan namanya, ikan lele jenis ini memiliki kemampuan menghantarkan listrik dari tubuhnya hingga mencapai 350 Volt. Aliran listrik tersebut biasa diaktifkan sebagai alat pendeteksi lingkungan sekitar, untuk memangsa, hingga sebagai bentuk pertahanan diri.

Ikan yang aslinya berasal dari Afrika ini memiliki bentuk tubuh membulat yang dapat tumbuh sampai 1,2 m dengan berat mencapai 20 kg. Mereka suka memakan ikan kecil, telur ikan, serangga, dan detritus.

Itulah tadi 5 jenis ikan lele hias yang paling populer di Indonesia. Silahkan pilih sesuai dengan bentuk dan sifat yang paling kalian sukai untuk dirawat di rumah.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.