Terjebak Corona dan Berhasil Buka Warung Lele

Terjebak Corona dan Berhasil Buka Warung Lele

Fransiskus Siliwangi Sakti atau akrab disapa Frans Uak (29) sejak Maret 2020 kemarin tak bisa pulang kembali ke Batam, tempat dia bekerja di sebuah galangan kapal. Frans awalnya hanya sekadar berlibur di kampung halamannya Lewoleba, Kabupaten Lembata. Namun, belum sempat kembali ke Batam, pandemi Covid-19 menerjang Indonesia sejak awal Maret silam.

Di tengah karantina wilayah, Frans Uak tak kehabisan ide berwirausaha. Dia mulai membuat bedeng-bedeng ikan lele di petak tanah miliknya di Kelurahan Lewoleba Utara, Kecamatan Nubatukan. Hasilnya, kini dia sudah memiliki ribuan ikan lele yang ada di puluhan bedeng ikan lele. Berkat ketekunan dan tekad yang luar biasa, Frans pun sudah membuka Rumah Makan Pondok Pecel Lele bernama ‘Balik Gelekat’ yang sudah dilaunching sejak Jumat (20/11/2020).

Webinar Budidaya Ikan Lele

Bapak tiga orang anak ini menghadirkan warung dengan menu utama ikan lele pertama di Lembata dengan konsep yang berbeda. Selain pengunjung bisa melihat langsung peternakan ikan lele dan memilih jenis ikan lele mana yang ingin disantap, lokasi ‘Balik Gelekat’ yang berada di tengah-tengah kebun juga akan membawa sensasi tersendiri. “Saya merasa terharu dan bangga. Saya bersyukur kepada semua yang mendukung. Saya terharu buka usaha ini banyak tantangan, apalagi tantangan dari keluarga sendiri juga,” ungkap Frans saat acara Launching Rumah Makan Lele ‘Balik Gelekat’ di Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Jumat (20/11/2020).

“Saya mau buktikan bahwa saya bisa. Lewotana dan Tuhan bisa bantu saya. Balik gelekat itu artinya saya datang untuk bantu bangun kampung,” tambahnya. Pada acara launching tersebut, sekitar 100 orang pengunjung sudah datang mulai dari pagi hingga malam hari. Dia juga sudah membuat konsep peternakan dan budidaya ikan lele yang berkelanjutan sehingga akan ada tenaga kerja Lembata yang diserap.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.