Wajib Tahu Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Wajib Tahu Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona di lidah masyarakat Indonesia. Di balik cita rasanya yang khas dan enak, manfaat lele ternyata juga tidak bisa dilepaskan untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai sumber protein tertinggi. Ikan lele mengandung nutrisi tinggi yang terdiri dari bermacam-macam vitamin serta mineral.

Sebagaimana dilansir mantrasukabumi.com dari berbagai sumber pada senin, 9 November 2020. Berikut manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Sumber Protein Tertinggi

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangung dan memelihara otot. Selain itu, protein juga berfungsi untuk memproduksi enzim serta hormon yang mempengaruhi setiap fungsi tubuh.Dalam 100 gram ikan lele menawarkan 18,5 gram protein, dan hanya 150 kalori dan 0 gram karbohidrat.

2. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri, sejenis logam berat buangan limbah pabrik dan rumah tangga yang biasanya tercemar di dalam air. Akan tetapi, lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri, hal ini diungkapkan oleh Environmental Protection Agency.

3. Sumber Vitamin B12

lele berperan penting dalam produksi DNA dalam tubuh, pembentukan dan kerja sel darah merah, hingga menjaga fungsi saraf. Hal ini semua terjadi karena kandungan sumber vitamin B12 yang tinggi di dalam ikan lele.

4. Sumber Vitamin D

vitamin D ini sangat penting bagi kesehatan tulang karena mengontrol pertumbuhan sel di seluruh tubuh, membantu tubuh untuk menyerap kalsium, dan menjaga fungsi sistem imunitas tubuh.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.