Ini Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Ini Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Ikan lele merupakan jenis ikan yang populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, ikan lele juga mengandung sejumlah gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat ikan lele untuk tubuh datang dari deretan zat baik yang berada di dalamnya. Berikut kandungan gizi dalam 100 gram ikan lele, yakni 105 kalori, 2,9 gram lemak,18 gram protein, 237 mg asam lemak omega-3, 337 mg asam lemak omega-6, Vitamin B12, Kalium, dan Fosfor. Food and Drug Administration (FDA) mencatat bahwa lele merupakan salah satu spesies ikan yang memiliki kadar merkuri paling rendah. Hal tersebut membuat lele menjadi salah satu ikan yang baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Kesehatan Ikan Lele

Webinar Budidaya Ikan Lele

Nutrisi tersebut memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti diberitakan Healthline berikut ini:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3 dibandingkan ikan lainnya. Departemen Pertanian AS (USDA) menyatakan bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada ikan lele mempunyai peranan baik bagi kesehatan otak dan mata. Omega-3 itu sendiri juga mampu menjaga kesehatan jantung serta memberi bakteri sehat pada usus. Dilansir dari Healthline, hasil penelitian pada orang yang gemar konsumsi ikan juga terbukti memiliki risiko kematian lebih rendah.

2. Memperkuat otot

Ikan lele merupakan salah satu pilihan makanan sebagai sumber protein baik. Hal tersebut baik dikonsumsi sebagai sumber energi tubuh. Protein juga dapat membantu memperbaiki jaringan pada otot, serta berfungsi sebagai bahan pembentuk hormon dan enzim. Protein pada daging lele memiliki tekstur lebih lembut, terutama jika sudah diolah menjadi masakan, sehingga akan mudah terserap oleh sistem pencernaan.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Mineral fosfor dalam ikan lele juga sangat penting bagi tubuh. Fosfor berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Seseorang yang kekurangan fosfor dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, nyeri sendi, nyeri otot, hingga masalah pada tulang seperti osteoporosis bahkan kelumpuhan. Untuk itu, konsumsi ikan lele ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan fosfor pada tubuh.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.