Ini 4 Cara Budidaya Ikan Lele yang Anti Ribet

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang mudah untuk dibudidaya karena tidak memerlukan perawatan khusus. Menariknya, budidaya ikan lele bisa dilakukan di lahan sempit dan hanya menggunakan tong yang berukuran cukup besar. Tentunya banyak keuntungan yang didapat dari budidaya ikan lele. Selain bisa dijual, ikan lele bisa dikonsumsi sendiri untuk ketahanan pangan keluarga.

1. Tempat budidaya

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Budidaya ikan lele bisa dilakukan di kolam, tong, dan keramba. Untuk budidaya ikan lele di kolam, sebaiknya gunakan kolam yang sudah lama dan bukan kolam baru. Jika terpaksa menggunakan kolam baru, gunakan pupuk yang terbuat dari kotoran, kapur, dan lain-lain untuk membuat dasar kolam menjadi subur. Tanah kolam yang tidak subur bisa mempengaruhi kesuburan dan kesehatan ikan lele. Oleh sebab itu, penyuburan tanah kolam sebelum menebar benih ikan lele menjadi sangat penting. Isi kolam dengan air tawar yang kedalamannya hanya 60 cm atau 90 cm. Setelah itu, buat pagar di sekitar kolam dan tutupi kolam dengan jaring untuk menghindari predator. Setelah kolam diisi air dan didiamkan selama dua hingga tiga hari, tabur benih ikan lele di kolam tersebut.

2. Pakan ikan lele

Berikan pakan setiap hari selama 10 hari pertama sebanyak 20 persen dari bobot ikan lele. Setelah 10 pertama, kurangi penyajian pakan menjadi 12 persen hingga 15 persen. Jumlah pemberian pakan ikan lele akan dikurangi lagi setelah satu bulan sejak penebaran benih. Saat itu, berikan ikan lele pakan sebanyak 5 persen. Beri makan ikan lele sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari. Selalu sesuaikan jumlah pakan dengan bobot dan umur ikan lele. Untuk mengukur berat badan rata-rata ikan lele yang sedang dibudidaya, ambil 10 ekor ikan lele dan timbang berat badannya. Setelah itu, bagi berat badan dengan total ikan yang ditimbang. Misal, total bobot 10 ekor ikan lele adalah 2 kg sehingga berat rata-rata satu ekor adalah 200 gram.

3. Perawatan saat musim hujan

Cuaca dingin bukanlah saat yang baik untuk budidaya ikan lele. Berbagai penyakit bisa menyerang ikan lele di cuaca yang dingin. Oleh sebab itu, para peternak lele harus lebih berhati-hati dan melakukan perawatan khusus hingga cuaca kembali normal dan hangat.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.