Warga Bekasi Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Warga Bekasi Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Sekelompok warga di Jaticempaka, Kota Bekasi mengembangkan budidaya ikan lele sangkuriang selama pandemi Covid-19 delapan bulan terakhir untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Ketua RT 03 RW 12 Kelurahan Jati Cempaka Nurali menjelaskan bahwa budidaya ikan tersebut dibuat oleh Kelompok Pokdakan Kemang (KPK). 

“Ini pertama warga duluan yang mulai, mereka inisiatif memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan,” kata Nurali dalam keterangannya.

Dia bercerita, mulanya warga berencana akan beternak beberapa jenis ikan, namun belum lama mendapat benih ikan lele jenis sangkuriang dari Sukabumi.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

“Dapat bantuan indukan lele dari Sukabumi sama pakan 15 kilogram dari Bogor,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurali mengungkapkan keunggulan varietas sangkuriang dibanding lele jenis lain, yaitu kemampuan bertelur yang lebih banyak, mortalitas tinggi, kanibalisme rendah, dan Food Conversion Ratio (FCR) yang juga rendah. Adapun warga menggunakan kolam terpal yang memiliki beberapa kelebihan seperti kekuatan 3 – 4 tahun, harga terjangkau, bongkar pasang mudah, hingga nilai artistik tinggi karena mempunyai berbagai varian warna.

“Untuk ikan lain yang diternak juga kami punya ikan gurame dan nila dengan jumlah mencapai 15 kolam,” katanya. 

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.