5 Jenis Hama yang Perlu Diwaspadai Saat Budidaya Ikan Lele

5 Jenis Hama yang Perlu Diwaspadai Saat Budidaya Ikan Lele

Dalam pembenihan ikan lele ada beberapa binatang yang dianggap hama ikan lele karena bisa mengakibatkan pembenihan ikan lele menjadi gagal. Seperti diketahui, hama merupakan organisme yang mengganggu organisme lain, oleh karena itu, keberadaanya harus diwaspadai. Kewaspadaan terhadap hama pada budidaya ikan lele agar tidak menyebabkan kerugian yang besar.

Berikut lima hewan hama yang menyerang budidaya ikan lele

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Ucrit

Ucrit adalah larva kumbang air yang bisa membunuh larva lele dengan cara mengisap cairan tubuh. Binatang ini berbentuk seperti ulat, berwarna kehijauan, dan panjangnya mencapai 5 cm. Hama ini sering menyerang benih ikan lele karena masih lemah pergerakannya, terutama benih yang baru menetas. Ucrit akan mengisap cairan di tubuh benih hingga benih mati. Hama ini masih bisa dilihat secara kasat mata di pinggiran kolam. Cara yang paling ampuh untuk mengendalikan hama tersebut adalah menangkap dan membunuh induk ucrit, yakni kumbang air.

Belut

Belut yang masuk ke dalam kolam pembenihan sangat berbahaya karena benih lele merupakan mangsa bagi belut. Belut tersebut akan membuat lubang yang bisa menjebak benih lele. Lubang yang dibuat belut juga berbahaya karena bisa menyebabkan kolam bocor. Anda bisa meminimalisir masalah belut dengan menggunakan terpal sebagai alas dan dinding kolam atau menangkap belut yang terlihat di dalam kolam.

Kini-kini

Kini-kini adalah larva capung yang hidup di bawah permukaan air. Larva ini cukup andal untuk menangkap benih ikan lele dan menghabiskannya dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, banyak pembudidaya lele yang merasa resah dengan kehadiran kini-kini di dalam kolam. Untuk mencegah serangan kini-kini, Anda bisa menggunakan kolam terpal berwarna terang. Dengan begitu, keberadaan kini-kini di kolam bisa terlihat jelas sehingga mudah ditangkap.

Kodok

Kodok dapat memakan benih lele. Jika keberadaannya didiamkan saja, benih yang ada di kolam bisa habis dimakan oleh kodok. Penanggulangan yang bisa dilakukan adalah menangkap kodok secara manual dan memusnahkannya. Jika terdapat telur kodok di dalam kolam pembenihan, segera ambil dan buang.

Kelelawar

Binatang yang aktif mencari makan pada malam hari ini sering mengincar benih lele yang ada di dalam kolam. Terlebih lagi, lele merupakan binatang nokturnal yang aktif pada malam hari sehingga pergerakannya sangat mudah memancing kehadiran kelelawar. Pencegahan hama ini cukup sederhana, yakni menutup kolam dengan paranet atau jaring yang dibentangkan untuk menutupi permukaan kolam.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.