Masa Pandemi, Warga Bekasi Budidaya Lele Sangkuriang

Masa Pandemi, Warga Bekasi Budidaya Lele Sangkuriang

Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Kemang yang berada di RT 03/RW 12 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, mulai membudidaya benih lele sangkuriang di halaman rumahnya. Kolam ikan dibuat dengan menggunakan terpal plastik. Sekretaris Kelurahan Jaticempaka, Ridwan, mengatakan, budidaya ikan lele ini merupakan salah satu upaya warga bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Kami berencana agar usaha ini terus berkembang dan bermanfaat untuk warga banyak di tengah masa pandemi,” ujar Ridwan, Senin (16/11/2020).

Dia menjelaskan, keunggulan jenis lele sangkuriang yakni kemampuan bertelur yang lebih banyak, angka kematian rendah, kanibalisme menurun dan hemat pakan.

Ketua RT setempat, Nurali, menjelaskan, budidaya ikan dimulai dari inisiatif warga yang menggunakan lahan kosong dijadikan kolam ikan. “Kami mendapatkan benih ikan lele sangkuriang dan pakan dari pemerintah,” kata Nurali.

Kolam dibuat dengan menggunakan terpal berukuran 2×2 meter dan dapat bertahan hingga empat tahun, serta mudah dibongkar pasang. “Hasil panennya, diharapkan dapat menambah pendapatan warga,” pungkasnya.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.