Budidaya Lele Modern

Budidaya Lele Modern

Budidaya Lele Modern

Budidaya Lele modern : Usaha ternak lele merupakan salah satu mata pencaharian penduduk desa saat ini. Mengingat permintaan pasar yang sangat besar terhadap jenis ikan air tawar ini. Banyak orang yang terjun dalam usaha budidaya lele sebagai pemula. Untuk budidaya ikan lele lebih mudah ketimbang jenis ikan lain. Seperti gurame, mas koi, patin dll. Hal inilah yang membuat bisnis ternak lele menjadi populer dalam beberapa tahun hingga sekarang. Prospek bisnis budidaya lele di kolam terpal, kolam tembok maupun kolam tanah masih menjanjikan dan menguntungkan.

Keuntungan budidaya lele cukup banyak. Selain usaha beternak lele di dalam kolam menjanjikan untung besar sekali panen, begitu pula bisnis olahan ikan lele. Keuntungan pun lumayan menggiurkan seenak rasa ikan air tawar ini. Ikan lele bisa dijadikan berbagai menu kuliner seperti pecel lele, kerupuk lele, abon lele, keripik tulang ikan lele,  es cream lele, dendeng ikan lele, mangut lele sampai nugget ikan lele. Maka bisnis beternak ikan lele sekaligus usaha olahan ikan lele bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan secara sampingan maupun penghasilan utama.

Cara Beternak Lele yang Cepat Panen secara Modern

Webinar Budidaya Ikan Lele

Pada dasarnya, para peternak ikan lele di tanah air masih menggunakan cara tradisional dalam budidaya ikan berkumis ini. Sehingga hasil panen yang didapatkan tidak maksimal. Namun seiring dengan lahirnya inovasi baru kini budidaya lele cara modern memberikan hasil panen lebih baik hingga berkali lipat. Hal ini membuat sebagian peternak lele merubah budidaya lele sistem lama ke sistem yang modern menggunakan sistem resirkulasi.

Cara budidaya ikan lele secara modern yang memberikan hasil panen lebih cepat banyak digandrungi para peternak lele di Indonesia. Karena cara ini dinilai menjadi solusi atas permasalahan mereka selama ini dalam segi lahan terbatas dan sempit, pasokan air yang sangat sedikit, dan modal yang dibutuhkan lumayan kecil.

Untuk budidaya ikan lele secara modern harus dimulai dengan memilih jenis ikan lele yang mudah dalam pemeliharaan dan cepat panen, serta cepat besar dalam pertumbuhannya yaitu lele dumbo. Jenis ikan ini dapat berkembang biak dan hidup normal di dalam kolam yang keadaan airnya kotor dan berbau. Sehingga usaha budidaya lele dumbo sangat tepat dilakukan di kolam terpal.

Ada dua jenis cara beternak lele secara modern, antara lain:

  1. Usaha ternak lele bagi konsumsi

Jika anda memutuskan untuk budidaya ikan lele dumbo bagi konsumsi maka caranya sangat mudah. Anda tinggal membeli lele dumbo dalam jumlah banyak dengan ukuran tertentu kemudian membesarkannya hingga mencapai berat dan ukuran yang diinginkan. Lalu menjualnya ke masyarakat umum secara kiloan atau satuan. Misalnya ikan lele dari bobot satu ons dibesarkan hingga mencapai bobot satu kilogram per ekor lele dumbo.

  1. Bisnis ternak lele bagi pembibitan

Sementara itu, untuk budidaya ikan lele dumbo bagi pembibitan caranya diawali dengan pemijahan sampai menghasilkan telur. Setelah telur lele menetas maka akan jadi bibit-bibit lele dumbo dalam jumlah ribuan yang bisa sobat jual langsung ke konsumen atau peternak pembesaran lele secara satuan. Biasanya harga satu ekor benih ikan lele ukuran satu sentimeter sebesar Rp 200. Modal bagi usaha pembibitan ikan lele hanyalah indukan lele dan kolam tempat pembibitan. Kedua model ternak lele tersebut di atas sama-sama menjanjikan untung besar. Karena kebutuhan akan ikan lele konsumsi dan bibit lele sangat besar di masyarakat Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan terpencil. Kuliner dari lele sangat digemari banyak kalangan dengan ciri khas lele yang rasanya gurih dengan daging yang lezat.

Ikan lele termasuk dalam family Catfish yang mempunyai banyak jenis dan ragamnya. Seperti ikan lele lokal, sangkuriang, lele phyton, lele biasa, lele dumbo dll. Cara budidaya ikan lele di masyarakat berbeda-beda. Namun yang populer adalah usaha beternak lele di kolam terpal secara modern. Karena relatif mudah dilakukan dengan modal usaha yang cukup sedikit serta dapat dilakukan di lahan sempit dan terbatas sekalipun dengan hasil panen berkali lipat.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.