Cara Budidaya Lele Sangkuriang Bagi Pemula

Cara Budidaya Lele Sangkuriang Bagi Pemula

Cara Budidaya Lele Sangkuriang Bagi Pemula : Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara budidaya ikan lele sangkuriang yang dimana dalam hal ini meliputi ternak lele sangkuriang kolam tanah, cara budidaya ikan lele sangkuriang, cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula, cir-ciri lele sangkuriang, pakan lele sangkuriang, tip ternak lele, cara ternak lele yang baik dan benar, pakan lele, cara pembibitan ikan lele, ternak lele sangkuriang, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Dalam hal ini peluang usaha ternak lele sampai saat ini sebetulnya sangat menjanjikan sekali, dengan kebutuhan dan konsumsi masyarakat untuk jenis ikan ini sangatlah besar. Hal ini membuat potensi bisnis ternak lele sangat prospektif. Ternak lele sebetulnya cukup mudah untuk dilakukan, tidak hanya itu budidaya ternak lele juga cukup murah. Akan tetapi tidak banyak orang yang mengerti dan memahami sepenuhnya cara beternak lele secara tepat. Alhasil bukan untung yang didapat melainkan rugi karena banyak kendala yang dihadapi terutama mengenai tingginya kematian ikan lele dan lambatnya pertumbuhan. Nah dibawah ini kita akan memberikan tips ternak lele yang cukup sederhana bagi pemula yang ingin sekali budidaya ikan lele, kalau begitu simak panduan ternak lele berikut ini.

Persiapan Kolam Ternak Lele

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Dalam budidaya ternak lele dibutuhkan media sebagai habitat hidupnya, banyak jenis media kolam untuk ternak lele yang bisa dipilih seperti ternak lele kolam terpal, ternak lele kolam bak semen atau permanen, ternak lele kolam tanah dan masih banyak jenis media kolam untuk ternak lele bisa dipraktikkan. Media kolam untuk ternak lele idealnya harus, mempunyai konstruksi yang tepat mempunyai kualitas air yang baik dan mempunyai perawatn yang bagus. Bila kalian menggunakan media kolam tanah untuk budidaya ternak lele sangkuriang, perhatikan bagian dinding kolam. Pastikan dalam kondisi padat dan tidak bocor. Mengeraskan kolam untuk ternak lele sangkuriang bisa dengan cara memukul-mukul dinding kolam untuk memadatkannya. Langkah berikutnya adalah dengan memberikan kapur ke dalam kolam untuk mengantisipasi hama dan penyakit yang bersarang dalam kolam. Dosis pemberian kapur yang dianjurkan ialah 20 hingga 200 gram per meter persegi, tergantung tingkat keasamannya.

Persiapan Bibit Dan Jenis Ikan Lele

Nah sekarang saatnya untuk persiapan bibit, konsentrasilah pada pemilihan bibit ternak lele yang bagus kualitasnya. Pemilihan bibit ternak lele yang bagus akan berpengaruh besar pada keberhasilan budidaya. Cara yang paling sederhana ialah pastikan bibit ternak lele tersebut tidak mempunyai cacat secara fisik, warnanya cerah dan gerakannya lincah. Bibit ikan lele yang berkualitas biasanya berasal dari indukan lele yang bagus pula. Sedangkan untuk penebaran benih ikan lele sangkuriang sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari di saat suhu udara masih dalam keadaan normal dan tidak terlalu panas. Sebelum bibit ikan lele sangkuriang dimasukkan ke dalam kolam, terlebih dahulu benih diaklimatisasi yakni memasukkan ke dalam kolam secara perlahan-lahan agar ikan bisa beradaptasi.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.