Bisnis Ikan Lele Untuk Pemula

Bisnis Ikan Lele Untuk Pemula

Bisnis Ikan Lele Untuk Pemula : Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan ikan lele atau ikan keli. Bagi penggemar pecel lele,Lele memiliki rasa yang lezat dan mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein dan vitamin B-12. Selain kaya gizi dan enak rasanya, tak ada salahnya jika kamu tertarik bisnis untuk mencari tambahan uang dan berminat membudidayakannya

Berbisnis ikan lele membutuhkan ketekunan dan keseriusan karena kamu harus berhadapan dengan bau amis setiap harinya. Namun, bisnis ini bisa dibilang sangat ramah untuk para pemula, kamu bisa simak langkah-langkah yang harus kamu lakukan di bawah ini.

Langkah-langkah Budidaya Ikan Lele

Membuat Kolam Lele

Webinar Budidaya Ikan Lele

Jika kamu memiliki kolam ikan yang tak terpakai, kamu bisa membudidayakan ikan lele di sana. Jika tidak, kamu juga bisa membuat kolam sederhana dari terpal yang cara membuatnya cukup simpel. Kolam lele yang baik haru memiliki suhu 20 hingga 28 derajat Celcius. Selain itu, suasana kolam haruslah tenang dan berwarna keruh dengan sedikit aksen hijau dari lumut. Jangan mengisi air terlalu dangkal karena ikan lele bisa mati kepanasan. Terlebih, kamu juga bisa menambah eceng gondok yang berfungsi sebagai penyerap racun dan memberi keteduhan untuk para lele. Untuk memastikan bisnis ini sukses, dibutuhkan indukan yang berkualitas.

Ciri-ciri bibit lele jantan yang berkualitas adalah sebagai berikut:

Tubuh gemuk ramping.

Gerakan lincah dan lebih gesit.

Alat kelamin runcing dan mencapai sirip anus.

Warna sirip cenderung kemerahan.

Mencari Tahu Lele yang Siap Kawin dan Mengembangbiakannya

Ciri-ciri lele yang siap kawin bisa dilihat dari warna kelaminnya. Kelamin lele jantan berwarna merah ketika siap kawin. Memperhatikan kebersihan kolam adalah salah satu kunci untuk mencapai budidaya ikan lele yang sukses. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pakan yang berkualitas untuk para ikan lele. Pakan sentrat 781-1 bisa dipilih karena lele sangat membutuhkan kandungannya. Makanan diberikan 3x sehari pada pukul 7 pagi, 5 sore dan 10 malam.

Jika kamu merasa sudah memberi makan lele sesuai dengan porsi biasanya tetapi beberapa lele masih lincah mendongakkan kepala, kamu bisa memberi tambahan pakan untuk mereka. Jangan sampai ada pakan yang tersisa di kolam karena bisa menimbulkan penyakit untuk lele karena endapannya.

Memisahkan Lele yang Siap Panen

Ukuran fisik yang dicari di pasaran adalah sekitar 7 atau 9-12 cm,untuk itu pastikan lele memiliki ukuran tersebut sebelum dipanen. Selain itu, ciri lele siap panen adalah warna kolam yang mulai kemerahan. Setelah semua lele siap panen diangkut, pastikan tidak ada lele dewasa lagi di sana agar kolam tersebut bisa dipakai untuk benih yang baru.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.