Cara Berternak Lele untuk Pemula

Cara Berternak Lele untuk Pemula

Cara Berternak Lele untuk Pemula : Jika anda sebagai pemula dan ingin membuka usaha ternak lele maka bisnis ini sangat cocok bagi anda. Karena usaha ternak lele sangat mudah dijalankan oleh pemula sekalipun yang masih awam akan cara ternak lele. Berikut ini cara beternak lele pemula yang berhasil cepat dan enteng biaya yang diuraikan secara bertahap, antara lain:

▪ Persiapan Lokasi Usaha

Webinar Budidaya Ikan Lele

Untuk lokasi usaha bagi ternak lele, anda bisa membuka bisnis peternakan ikan lele di halaman rumah yang kosong, atau di kebun dan lahan kosong dekat rumah. Kenapa lokasi usaha ternak lele harus dekat rumah? Karena untuk memudahkan anda dalam melakukan kontrol terhadap usaha budidaya lele. Sebab ikan lele rawan sekali kabur atau keluar dari kolam secara meloncat dan harus telaten dalam perawatan. Namun pastikan kolam ikan lele jangan terlalu dekat dengan rumah yang bisa mengakibatkan polusi udara.

Lokasi usaha yang bagus untuk usaha ternak lele adalah lokasi yang mudah diakses oleh kendaraan mobil dan sepeda motor, mudah dilihat banyak orang sekaligus sebagai sarana promosi secara gratis, di sekitar sumber air yang bersih, dan pastikan lokasi usaha budidaya lele cukup jauh dari pemukiman warga. Sebab kolam ikan lele bisa mengakibatkan timbulnya bau tak sedap atau polusi udara.

Ukuran lokasi usaha ternak lele kalau bisa berada di lahan yang luas. Namun usaha ternak lele pun bisa dijalankan di lahan yang sempit. Karena kolam ikan lele dari terpal bisa dibuat dengan ukuran yang disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Untuk ukuran kolam ikan lele bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melihat ukuran kolam ikan lele yang ideal dengan melihat kolam ikan lele milik peternak lainnya yang berada di sekitar tempat tinggal anda.

▪ Mempersiapkan Kolam Lele

Untuk kolam yang dipersiapkan bagi usaha ternak ikan lele bisa berupa kolam tanah liat, kolam dari beton, kolam tembok, dan kolam terpal. Namun yang lebih kecil biayanya adalah mempersiapkan kolam ikan lele dari terpal. Anda bisa membuat beberapa kolam untuk meningkatkan penghasilan bisnis ternak ikan lele.

Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam pembuatan kolam ternak lele, yaitu:

Suhu Ideal

Suhu yang dipersyaratkan bagi kolam ikan lele sekitar 20 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.

Bersih dari Polusi

Pastikan air dalam kolam ikan lele terbebas dari B3 yaitu bahan-bahan berbahaya dan beracun dari limbah industri pabrik dan industri rumah tangga. Misalnya limbah sabun hasil industri rumah tangga yang disalurkan pada kolam ikan lele bisa mengakibatkan ikan lele mengalami kematian.

Air Tenang

Ikan lele senang sekali hidup di air tenang walaupun air keruh. Namun kekeruhan air bukan karena polusi bahan berbahaya dan beracun. Tapi bekas dari sisa-sisa makanan rumah tangga. Atau hasil limbah air pencucian beras di rumahtangga dll. Ikan lele dapat bertahan hidup dalam air yang kadar oksigen sangat minim. Selain itu, pastikan permukaan kolam ikan lele tak ditutupi.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.