Cara Beternak Lele di Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara Beternak Lele di Kolam Terpal Bagi Pemula

Cara Beternak Lele di Kolam Terpal Bagi Pemula : Di masa saat ini dimana tingkat pengangguran cukup tinggi dan minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia, membuat orang berpikiran untuk memulai usaha sendiri. Terdapat banyak pilihan untuk jenis usaha yang akan dijalankan, seperti berwirausaha, berjualan, beternak, dan pilihan lainnya. Nah diantara banyak pilihan tadi, beternak merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Misalnya dengan beternak lele. Karena beternak lele perawatannya mudah dan gampang dilakukan terutama bagi pemula.

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal bagi pemula terhitung relatif mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk ternak lele di kolam terpal juga lebih sedikit dibandingkan dengan kolam tembok. Kolam terpal memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

Pelatihan Budidaya Ikan lele

Keunggulan dan Kelemahan Kolam Terpal

  • Biaya pembuatan kolam lebih murah
  • Tidak memerlukan lahan khusus yang luas
  • Pengontrolan terhadap ikan lele lebih mudah
  • Ikan lele lebih terhindar dari bibit penyakit daripada ikan yang dipelihara di kolam tanah.
  • Hasil panen ikan lele tidak akan berbau lumpur dan tanah

Namun disamping kelebihan tersebut, kolam terpal tidak bisa dibuat secara permanen. Pakan tambahan untuk ikan yang dipelihara di kolam terpal juga sedikit lebih banyak. Terkadang juga terjadi kebocoran, tetapi anda bisa memilih terpal yang berkualitas agar tidak mudah bocor. Ciri-ciri terpal yang berkualitas adalah terpal buatan pabrik dengan bahan semi karet dan tingkat kerapatannya tinggi. Pada tiap sambungan terpal harus di press untuk menghindari kebocoran.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.