Cara Pembibitan Ikan Lele

Cara Pembibitan Ikan Lele

Cara Membibitkan Ikan Lele : Lele merupakan jenis ikan dengan ciri-ciri tubuh yang memanjang dan kulit licin. Habitatnya di sungai dengan arus air yang pelan, rawa, waduk, telaga dan sawah. Ikan lele bersifat noctural, yakni pada malam hari mereka aktif bergerak mencari makanan, dan pada siang hari berdiam diri dan berlindung di tempat gelap.

Ikan lele memiliki nilai komersial yang tinggi, apalagi dilihat dari manfaatnya. Ikan lele adalah bahan makanan yang enak dan gurih. Ikan lele dapat digunakan sebagai ikan hias. Juga dapat menjadi hewan pemberantas hama padi yaitu serangga air. Ikan lele juga dapat dijadikan atau diramu menjadi bahan obat untuk mengobati asma, siklus haid yang tidak teratur, hidung berdarah, dan penyakit kencing darah.

Lokasi Budidaya

Lokasi budidaya ikan lele adalah tempat yang memiliki syarat sebagai berikut:

Webinar Budidaya Ikan Lele

  • Jenis tanah untuk tempat pemeliharaan adalah jenis tanah liat atau lempung, tidak berporos, subur dan tidak berlumpur.
  • Syarat lokasi adalah di daerah dataran rendah sampai dataran dengan tinggi 700 Meter dpl.
  • Kolam tempat pemeliharaan sebaiknya dekat dengan sumber air.
  • Suhu kolam pemeliharaan adalah 25–28 C. Untuk tempat pertumbuhan larva dibutuhkan lokasi dengan suhu 26–30 C, sedangkan untuk tempat pemijahan 24–28 C.
  • Ikan lele masih bisa hidup meskipun pada kondisi air yang jelek, keruh, kotor dan kurang oksigen. Namun perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, limbah industri, merkuri atau bahan lainnya yang dapat membunuh ikan.
  • Memiliki tingkat keasaman pH 6,5–9.

Tahap Persiapan Budidaya Ikan Lele

Penyiapan Sarana dan Peralatan

Dalam budidaya ikan lele, pembuatan kolam pemeliharaan ikan lele sebaiknya ukurannya tidak terlalu luas. Hal ini untuk memudahkan pengontrolan dan pengawasan. Bentuk dan ukuran kolam pemeliharaan bervariasi, tergantung selera pemilik dan lokasinya. Tetapi sebaiknya bagian dasar dan dinding kolam dibuat permanen. Pada minggu ke 1–6 air harus dalam keadaan jernih kolam, bebas dari pencemaran maupun fitoplankton. Ikan pada usia 7–9 minggu kejernihan airnya harus dipertahankan. Pada minggu 10, air dalam batas-batas tertentu masih diperbolehkan. Kekeruhan menunjukkan kadar bahan padat yang melayang dalam air (plankton). Alat untuk mengukur kekeruhan air disebut secchi.

Prakiraan kekeruhan air berdasarkan usia lele (minggu) sesuai angka secchi :

– Usia 10–15 minggu, angka secchi = 30–50

– Usia 16–19 minggu, angka secchi = 30–40

– Usia 20–24 minggu, angka secchi = 30

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.