Cara Membuat Kolam Lele dari Batako Hebel

Cara Membuat Kolam Lele dari Batako Hebel

Cara Membuat Kolam Lele dari Batako : Pada cara membuat kolam ikan terpal batako yang kokoh ini tidak lagi menggunakan bambu atau kayu sebagai rangkanya melainkan hanya dengan menggunakan susunan batako yang dijadikan sebagai penyangga kolamnya. Dan kelebihan dari cara membuat kolam ikan terpal batako ini adalah selain tidak perlu mengikat rangka kolamnya, juga mudah dipindahkan kolamnya jika sewaktu-waktu ingin mengganti tempatnya.

Pada persiapan lahan dalam cara membuat kolam ikan terpal batako ini hamper sama dengan pembuatan kolam ikan terpal umumnya hanya saja yang berbeda adalah dari segi pembuatan rangkanya. Pada rangka kolam ikan terpal batako caranya cukup menyusun batako secara selang seling untuk memperkuat konstruksinya yang juga dibuat secara melingkar berbentuk segi empat. Ingat, tanpa perlu menggunakan semen sama sekali. Dan adapun ukuran tinggi dari kolam mini mudah diatur karna tinggal menyesuaikan pemakaian batakonya saja pada tiap sisinya. Tapi, sebaiknya jangan terlalu tinggi karena akan mudah roboh.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Mengenai pemasangan terpalnya sebaiknya pada waktu telah selesai dipasang dan diisi air sampai penuh sebaiknya di bagian atas kolam yang tertutupi pinggir terpal ditutupi batako lagi sebagai penyangga terpalnya agar tidak melorot ke bawah. Jika airnya tidak terlalu banyak dan tinggi kolam tidak terlalu tinggi, maka dengan cara menindih pinggir terpal dengan batako lagi saya rasa sudah cukup, tanpa perlu diikat lagi seperti pada kolam terpal dengan rangka bambu.

Untuk lebih memperjelas bagaimana pembuatannya mungkin lebih tepatnya dengan penjelasan gambar saja karena pada cara membuat kolam ikan terpal dengan kerangka bambu atau kayu sudah dijelaskan semua mengenai langkah-langkah atau cara cara pembuatannya, tips cara membuat kolam, dan juga bahan-bahan serta alat dalam membuat kolam ikan terpal pada umumnya. 

Sekalipun kolam batako tanpa menggunakan tali untuk menahan ujung terpalnya agar tidak melorot dan juga tak perlu mengikat atau merekatkan antara satu batako dengan batako lainnya, kita harus tetap menambahkan sedikit penyangga di samping sisi kolam batako dengan menimbunnya dengan tanah setinggi kurang lebih sepertiga dari tinggi keseluruhan sisi kolam batako.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.