Cara Mengembang Biakan Ikan Lele

Cara Mengembang Biakan Ikan Lele

Cara Mengembang Biakan Ikan Lele : Ikan lele berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar), dapat dilakukannya pemijahan manual dengan cara menyatukan ikan lele jantan dan betina dalam satu kolam. Di alam lele biasa berkembang biak secara alami dengan pertemuan alami pula. Biasanya perkembangbiakan lele terjadi pada musim penghujan selain karena jumlah air di sungai melimpah biasanya pada musim penghujan juga lebih banyak tersedia makanan sehingga nantinya anak anak lele berpeluang lebih untuk bertahan hidup.

Di musim penghujan tanah di sekitar tanah akan basah dan banyak yang terbawa aliran air ke sungai. Sehingga tanah tanah yang berada di sungai menjadi lebih banyak dan lebih empuk, banyaknya endapan yang berada di sungai membuat bau bau yang khas yang disukai oleh lele. Dengan kondisi seperti ini akan merangsang lele untuk semakin matang dan siap untuk melakukan pemijahan.

Webinar Budidaya Ikan Lele

Lele merupakan binatang yang tergolang melakukan perkembang biakan secara ovipar atau pembuahan telur diluar tubuh. Lele jantan yang telah siap melakukan pemijahan akan mencari betina yang juga siap melakukan pemijahan. Setelah mereka bertemu maka akan mencari tempat strategis untuk menyimpan telur telurnya. Jika ikan lele menemukan tempat yang dirasa bagus mereka akan melakukan perkawinan. Meskipun lele dikenal sebagai hewan yang kanibal tetapi lele merupakan hewan yang setia kepada pasangan jadi mereka akan menunggu telur telurnya secara bersamaan sampai menetas. Untuk saat ini lele bukan hanya hidup di alam dan berkembang biak di alam.

Tetapi sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan lele di rumah baik hanya untuk peliharaan maupun untuk kepentingan bisnis. Masyarakat indonesia sendiri, Ikan lele sudah di kembangbiakkan di kolam kolam baik dari tanah semen terpal atau fiber bahkan ada yang menggunakan drum sebagai kolam. Kebutuhan akan bibit lele semakin lama semakin banyak dan perkembangbiakan dialam tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan. Sehingga saat ini lele sudah dilakukan pemijahan di kolam kolam budidaya baik secara alami maupun buatan.

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.