Pembesaran Ikan Lele di Kolam Terpal

Pembesaran Ikan Lele di Kolam Terpal : Memilih usaha ternyata tidak harus dari sesuatu yang wah. Banyak peluang besar bisa Anda peroleh justru dari sesuatu yang tampak sepele misalnya pembesaran ikan lele. Ikan berkumis ini memang masih dipandang sebelah mata oleh pebisnis. Padahal, rezeki yang ia janjikan cukup besar. Gerai supermarket besar hingga warung tenda di pinggir jalan butuh pasokan lele dalam jumlah banyak secara rutin.

Mungkin kita tak pernah menggubris warung tenda yang menyajikan menu pecel lele yang berderet di sepanjang jalan. Padahal, kontinuitas kebutuhan lele di warung tenda umumnya lebih pasti bila dibanding dengan kebutuhan lele di supermarket. Warung-warung seperti itu banyak tersebar di setiap kota. Memulai bisnis lele tidak harus selalu diawali dengan hitungan yang jelimet serta bikin pusing. Anda bisa memulainya dengan sekedar berjalan-jalan santai, nongkrong sambil iseng mencicipi menu ikan lele. Dari kegiatan itu anda bisa memetakan pasar ikan lele. Jumlah kebutuhan ikan lele pun bisa Anda peroleh secara pasti.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan:

Pelatihan Budidaya Ikan lele

  1. Dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar bibit tinggi,
  2. Cara budidaya mudah dikuasai oleh masyarakat,
  3. Pemasarannya mudah, dan
  4. Modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah (tergantung besar kecilnya biaya pakan),
  5. Selain itu, ikan lele memiliki kandungan gizi paling tinggi dibandingkan dengan jenis ikan perairan darat lain.

Kelebihan Penggunaan Kolam Terpal

Pembuatan kolam terpal dapat dilakukan di pekarangan atau pun di halaman rumah. Lahan yang digunakan berupa lahan yang belum dimanfaatkan atau lahan yang telah dimanfaatkan, tetapi kurang produktif. Keuntungan lain dari kolam terpal adalah:

  1. Terhindar dari pemangsaan hama seperti ikan liar dan ular sawah.
  2. Dilengkapi pengatur volume air yang bermanfaat untuk memudahkan penggantian air maupun panen dan dapat mempermudah penyesuaian ketinggian air sesuai dengan usia ikan.
  3. Dapat dijadikan peluang usaha skala kecil dan besar,
  4. Lele yang dihasilkan lebih berkualitas, lele terlihat tampak bersih, dan seragam.
  5. Lahan yang digunakan tidak berubah karena bukan kolam galian atau kolam semen.
Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.