Teknik Ternak Lele Modern Potensi Budidaya Cepat Panen

Surya Kencana Farm – Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini suryakencanafarm.com akan membahas mengenai Ini Teknik Ternak Lele Modern Potensi Budidaya Cepat Panen, semoga artikel ini membantu anda untuk menambah wawasan tentang budidaya ikan lele.

ternak lele modern

Usaha ternak lele adalah satu diantara mata pencaharian masyarakat desa sekarang ini. Mengingat keinginan pasar yang begitu besar pada type ikan air tawar ini. Beberapa orang yang terjun dalam usaha budidaya lele jadi pemula. Untuk budidaya ikan lele lebih gampang daripada type ikan beda. Seperti gurame, mas koi, patin dan lain-lain. Perihal ini pula yang buat usaha beternak lele jadi popular dalam satu tahun lebih sampai saat ini. Prospek usaha budidaya lele di kolam terpal, kolam tembok ataupun kolam tanah masih tetap menjanjikan serta untungkan.
Keuntungan budidaya lele cukup banyak. Terkecuali usaha beternak lele didalam kolam menjanjikan untung besar sekali panen, begitupula usaha olahan ikan lele. Keuntungan juga lumayan mengundang selera seenak rasa ikan air tawar ini. Ikan lele dapat jadikan beragam menu kuliner seperti pecel lele, kerupuk lele, abon lele, kripik tulang ikan lele, es krim lele, dendeng ikan lele, manggut lele hingga nugget ikan lele. Jadi usaha beternak ikan lele sekalian usaha olahan ikan lele dapat jadikan kesempatan usaha yang menjanjikan secara sambilan ataupun pendapatan paling utama.

Cara Beternak Lele yang Cepat Panen secara Modern

Pada intinya, beberapa peternak ikan lele di tanah air masih tetap memakai cara tradisionil dalam budidaya ikan berkumis ini. Hingga hasil panen yang diperoleh tidak maksimum. Tetapi bersamaan dengan lahirnya inovasi baru saat ini budidaya lele cara modern memberi hasil panen tambah baik sampai berkali lipat. Hal semacam ini buat beberapa peternak lele mengubah budidaya lele system lama ke system yang modern memakai system resirkulasi.

Ikan lele termasuk juga dalam family Catfish yang memiliki banyak type serta ragamnya. Seperti ikan lele lokal, sangkuriang, lele phyton, lele umum, lele dumbo dan lain-lain. Cara budidaya ikan lele di orang-orang tidak sama. Tetapi yang popular yaitu usaha beternak lele di kolam terpal secara modern. Karna relatif gampang dikerjakan dengan modal usaha yang cukup sedikit dan bisa dikerjakan di tempat sempit serta terbatas meskipun dengan hasil panen berkali lipat.

Cara budidaya ikan lele secara modern yang memberi hasil panen lebih cepat banyak digemari beberapa peternak lele di Indonesia. Karna langkah tersebut dinilai jadi jalan keluar atas persoalan mereka sampai kini dalam sisi tempat terbatas serta sempit, supply air yang amat sedikit, serta modal yang diperlukan lumayan kecil.

Untuk budidaya ikan lele secara modern mesti diawali dengan pilih type ikan lele yang gampang dalam pemeliharaan serta cepat panen, dan cepat besar dalam pertumbuhannya yakni lele dumbo. Type ikan ini bisa berkembang biak serta hidup normal didalam kolam yang kondisi airnya kotor serta berbau. Hingga usaha budidaya lele dumbo begitu pas dikerjakan di kolam terpal.

Ada dua tipe cara ternak lele secara modern, diantaranya :

1. Usaha ternak lele untuk konsumsi

Bila anda mengambil keputusan untuk budidaya ikan lele dumbo untuk mengkonsumsi jadi langkahnya begitu gampang. Anda tinggal beli lele dumbo dalam jumlah banyak dengan ukuran spesifik lalu membesarkannya sampai menjangkau berat serta ukuran yang dikehendaki. Lantas menjualnya ke orang-orang umum secara kiloan atau unit. Umpamanya ikan lele dari bobot satu ons di besarkan sampai menjangkau bobot satu kg реr ekor lele dumbo.

2. Usaha beternak lele untuk pembibitan

Disamping itu, untuk budidaya ikan lele dumbo untuk pembibitan langkahnya dengan diawali pemijahan hingga hasilkan telor. Sesudah telur lele menetas jadi juga akan jadi bibit-bibit lele dumbo dalam jumlah beberapa ribu yang dapat sahabat jual segera ke customer atau peternak pembesaran lele secara unit. Umumnya harga satu ekor benih ikan lele ukuran satu cm. sebesar Rp 200. Modal untuk usaha pembibitan ikan lele hanya indukan lele serta kolam tempat pembibitan.

Ke-2 jenis ternak lele itu diatas keduanya sama menjanjikan untung besar. Karna keperluan juga akan ikan lele mengkonsumsi serta bibit lele begitu besar di orang-orang Indonesia baik di perkotaan ataupun di pedesaan terpencil. Kuliner dari lele begitu disukai banyak kelompok dengan keunikan lele yang rasa-rasanya gurih dengan daging yang lezat.


Cara Beternak Lele di Kolam Terpal

Untuk pembuatan kolam lele dari terpal plastik ukuran kolam mesti sesuai dengan jumlah ikan lele. Biasanya ukuran kolam terpal 2 mtr. x 1 mtr. x 0, 6 mtr. untuk 100 ekor ikan lele yang memiliki ukuran 5 cm. hingga 7 cm.. Ada dua cara membuat kolam ikan lele dari terpal, yakni :

1. Menggali tanah hingga mirip kolam lantas menempatkan terpal di dalamnya

2. Menempatkan kerangka terpal dari kayu atau bambu lantas menempatkan kolam terpal

Yakinkan pemberian air di kolam terpal janganlah sangat banyak. Supaya mempermudah lele dalam ambil oksigen ke atas permukaan. Diluar itu, siapkan juga rumpon tumbuh-tumbuhan untuk tempat bersembunyi lele. Pemberian pakan ikan lele berbentuk pelet dapat diperoleh di toko pakan ikan paling dekat dengan harga Rp 8000 perkg. Pemberian pakan mesti pas saat dengan teratur sejumlah 2 x satu hari. Dapat pula lebih 2 x tapi dalam jumlah pemberian pakan sedikit. Beri juga pakan penambahan alami di alam liar umpamanya kerang, bekicot, rayap, keong mas dan lain-lain untuk mendukung perkembangan ikan lele dengan cepat serta maksimal.

Perlu untuk diketahui perkembangan ikan lele tidak sama. Ada lele yang cepat besar serta tidak. Hingga anda butuh memisahkan pada lele yang memiliki ukuran besar serta yg tidak. Yakinkan dalam satu kolam lele ada dalam ukuran yang sama. Hal semacam ini supaya lele memperoleh supply makanan yang sama. Sebab bila tercampur pada lele dengan ukuran tidak sama jadi ikan lele yang kecil susah berkompetisi memperoleh makanan dengan lele yang ukuran besar.


Cara Pembesaran Ternak Lele Modern

Semua sudah beralih. Cara beternak lele yang modern di th. ini membawa angin fresh untuk perubahan budidaya ikan lele di tanah air. Pokoknya cara ternak lele modern buat usaha ini tambah baik, tidak jorok serta tidak kotor sekali lagi. Hingga dapat dibudidayakan dalam ruang. Serta menjanjikan kesempatan usaha yang begitu mengundang selera untung besar. Ikan lele adalah ikan yang memiliki daging yang gurih disenangi kebanyakan orang dengan harga cukup terjangkau.

Potensi usaha ternak lele di Indonesia begitu mengagumkan. Daya dukung alam serta sumder daya manusia yang ideal. Ditambah dengan support cara ternak lele modern. Buat kesempatan usaha ini begitu bagus di tangkap baik baik. Sebab hasil panen ikan lele secara modern dapat hasilkan 2 x lipat dari cara ternak umum. Serta ternak lele dapat panen kurang dari dua bln.. Terkecuali cara budidaya yang gampang serta mengasyikkan ternak lele modern juga untungkan hasil besar.

Pemasaran lele juga cukup gampang bersamaan pamor lele telah naik kelas. Bila dahulu menu lele cuma ada di tukang pecel lele di kaki lima tepi jalan saat ini pecel lele sudah ada di restoran kelas atas secara waralaba. Seperti franchise lele lela. Penulis mengajak apa pun profesi anda jadi karyawan, buruh, pns, pengangguran dan lain-lain untuk coba buka usaha ternak lele secara modern. Karna lebih gampang digerakkan serta lebih untungkan. Usaha ternak lele secara modern adalah satu diantara kesempatan usaha paling baik di th. ini.

Satu diantara cara beternak lele secara modern yaitu memakai inovasi pakan lele organik. Umpamanya maggot black soldier fly yang dapat mendorong perubahan ikan lele lebih maksimal. Dengan system pemberian pakan maggot black soldier fly penghematan pengeluaran untuk cost pakan hingga 61 %. Pemberian pakan cuma membutuhkan 10 % dari pakan umum. Pakan maggot black soldier fly berbentuk larva belatung atau maggot yang datang dari larva serangga black soldier fly. Pakan ini begitu bagus untuk diberi pada ikan lele. Tetapi maggot black soldier fly yang berwarna hitam serta sudah berumur dewasa atau usia tiga minggu. Untuk memperoleh pakan ini yakni maggot black soldier fly atau lalat dewasa yang percepat perkembangan lele, anda dapat beli bibitnya di toko pakan ternak atau memperoleh di alam.

Tersebut budidaya lele cara modern. Sesungguhnya banyak sekali lagi tehnik beternak lele secara modern yang lain. Seperti budidaya lele dengan system aliran atau buat kolam lele system bioflok atau boster. Anda dapat pelajarinya selanjutnya dengan magang pada peternak lele yang memakai system ini.

Keuntungan Usaha Ternak Lele Secara Modern

Di bawah ini beberapa keuntungan cara beternak lele ala modern, diantaranya :

1. Perawatan lele begitu mudah serta sederhana
2. Tidak memerlukan tempat luas. Dengan tempat sempit anda dapat buka usaha ternak lele secara modern memakai kolam terpal dari plastik.
3. Masa panen lele lebih cepat dari pertama benih sampai besar siap mengkonsumsi. Yang dapat dipanen kurang dari dua bulan.. Hingga lebih menguntungkan
4. Market share begitu luas. Beberapa orang yang menyukai lele. Hal semacam ini dibuktikan dengan adanya banyak pesanan ikan lele dari customer di sekitaran rumah. Bukanlah kita yang mencari customer. Tapi customer yang mendatangi usaha ternak lele kita. Diluar itu menjamurnya warung tenda pecel lele serta banyak restoran menghidangkan menu lele jadi market share yang begitu mengundang selera dari ternak lele secara modern.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui  tentang budidaya ikan lele lebih jauh lagi?
klik disini untuk informasi lebih lanjut

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.