Cara Mengatasi Lele Menggantung Pada Permukaan Kolam

Surya Kencana Farm – Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini suryakencanafarm.com akan membahas mengenai Cara Mengatasi Lele Menggantung Pada Permukaan Kolam, semoga artikel ini membantu anda untuk menambah wawasan tentang budidaya ikan lele.

cara mengatasi lele menggantung

Ikan lele yang menggantung adalah salah satu kendala yang sering ditemui oleh para peternak ikan lele.Lele yang menggantung atau hampir berdiri mengambang ini terkadang hanya sebagian saja, namun tidak jarang pada hampir seluruh permukaan kolam dipenuhi dengan lele yang sedang dalam posisi ini.
Pada kolam yang berair transaparan tidak begitu keruh umumnya ikan lele akan berenang ke sana kemari atau cukup diam saja di bagian dasar kolam. Sesekali ikan akan naik ke permukaan air dengan cepat untuk kemudian kembali lagi ke bawah. Dugaan awal lele menggantung karena perut penuh akibat makan kekenyangan habis diberi pakan yang terlalu banyak. Jika ini yang terjadi, biarkan saja lele istirahat dulu nanti juga akan pulih dengan sendirinya.  Jika tidak, baru lanjut ke dugaan yang lain.
Ikan lele yang menggantung diam ini belumlah tentu karena kondisinya yang sedang sakit. Lele yang menggantung bisa saja terjadi pada ikan yang sehat karena kondisi lingkungan kolam. Salah satu hal yang membuat lele menggantung adalah kualitas air yang buruk.
Kotoran dan sisa metabolisme ikan akan memperburuk kualitas air kolam, juga sisa pakan. Kotoran yang membusuk akan salah satunya menghasilkan ammonia atau NH3 yang dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kematian ikan.

Konsentrasi ammonia yang tinggi mudah dideteksi dari bau kolam yang cukup mengganggu. Pada kondisi ikan menggantung seperti ini, pakan yang diberikan umumnya tidak akan direspon dengan baik. Sebelum pemberian pakan ada baiknya diberikan perawatan dulu agar ikan kembali segar dan lincah. Solusi awal yang paling mudah adalah dengan mengganti air kolam 50% atau hingga 70-80% dari volume air kolam jika sudah parah.

Cara mengatasi lele menggantung

Ikan yang menggantung selama berada dalam kondisi sehat masih dalam kewajaran. Permasalahannya ikan yang terlalu sering menggantung berarti terlalu sering pula pergantian air harus dilakukan. Untuk memperpanjang interval masa ini dapat dilakukan beberapa hal selain pergantian air.
Gunakan probiotik yang mengandung pengurai ammonia seperti nitrobacter atau baccilus pada air kolam. Selain pemberian langsung pada air kolam, probiotik ada juga dijual untuk dicampurkan pada pakan ikan. Pola pemberian pakan yang baik secara terjadwal dan secukupnya tidak kekenyangan apalagi sampai bersisa.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui  tentang budidaya ikan lele lebih jauh lagi?
klik disini untuk informasi lebih lanjut

Rekomendasi untuk Anda
Klik Disini
butuh bantuan?
Halo,
Selamat datang di Surya Kencana Farm, apakah ada yang bisa kami bantu hari ini?.